Sunday, April 2, 2017

Album Review : Great Cynics - POSI

Musician : Great Cynics
Album : POSI
Date Release : 24th March 2017
Publisher : Specialist Subject Records











Ada kali sebulan-dua bulan yang lalu kita mendengar kalo Iona Cairns mundur dari Great Cynics dan secara personal sebenenrya berita tersebut merupakan sebuah 'berita yang mengejutkan' bagi kita semua, terutama yang telah terbuai dengan album Great Cynics kayak 'I Feel Weird' yang dimana ya gak bisa menampik juga kalo karakter vokalnya Iona Cairns sebenernya sih udh masuk banget dengan konten musiknya Great Cynics sendiri.
TETAPI nampaknya dugaan saya harus sedikit ditepis dahulu pasca perilis full length terbaru mereka yang berjudul 'POSI' ini. Jadi sebenernya mungkin full length terbaru ini bisa dikatakan sebuah penegasan atas integritas stand up bandnya sendiri terhadap isu yang terakhir mereka hadapi akhir2 ini. Fakta menarik di balik full length terbaru dari si Great Cynics ini adalah kalo yang maen bass di full length 'Posi' ini adalah Dale Nixon yang dimana doski ini sempet ngisi bass di albumnya Ryan Adams 'Orion'.
Secara musikalitas, seperti yang saya ungkapkan di paragraf sebelumnya kalo di album ini memang sebuah pembuktian dari isu terakhir yang menerpa band akhir-akhri ini. Mungkin beberapa orang selain saya setelah mendengarkan album 'I Feel Weird' memiliki ekspektasi bahwa Iona Cairns akan memiliki 'porsi lebih' di album selanjutnya mengingat melodi vokal yang maut di tembang seperti 'North Street' yang istilahnya udah bener2 pas deh tuh tu lagu emang fit in banget karakter vokalnya Iona buat musiknya Great Cynics. Okeh apabila anda merupakan seorang pendengan yang saya enlist dan deskripsikan seperti di kalimat saya sebelumnya, siap siap kalo ekpektasi anda pastinya berubah dan sayapun sempet kyk mengkerutkan jidat gt sih bin terkejut setelah mendengar POSI sendiri. Kenapa?? Well in the whole words I can say this album is totally WELL PRODUCED period! Sedikit belik sedikit kalo anda merupakan seseorang yang bertanya2 setelah Cheap Girls menyatakan 'mundur' atas beberapa 'musibah' yang menimpa Ian Graham beberapa waktu yang lalu, POSI akan menjawab pertanyaan akan anda semua :D Dengan masih menggunakan kontaminasi The Replacement, song writing dari Great Cynics sendiri masih menunjukan kualitas terbaiknya dan mungkin akan membungkam mulut anda setelah ekpektasi buruk pasca album 'I Feel Weird'. Hook up dan juga singkop gitar yang catchy pun menjadi salah satu faktor suksesi album ini.
Secara utuh saya merekomendasikan album ini! Dan sebagai informasi juga, album ini dirilis dalam format CO dan juga piringan hitam dengan berbagai warna dan klo gak terlalu mampu juga bisa dibeli albumnya dalam bentuk digital di bandcampnya Specialist Subject langsung :D


Sites : 
Facebook Page - https://www.facebook.com/greatcynics/
Website - http://www.greatcynics.co.uk/

No comments: