Sunday, August 30, 2015

A City Sorrow Built, Whats Up With 'Ai'??

ACSB waktu dulu maen di Kemang. Au tuh cafe nya msh ada apa kga?
Mungkin ane sendiri udah lumayan banyak juga nulis tentang nih band. Belom aje dibuatin memenya am vokalisnya gw (Ngerasa penting bangetz gt mas ampe mw dibuatin meme? Bangsat!). Mungkin ane sendiri bisa dikatakan orang ngikut dengerin doski dari EP pertama ampe rilisan terakhir yang judulnya 'Ai' yang dirilis sama label keren emo nelayan, Sailboat Records (Parah lu temen sendiri dicengin!).
Sebenernya tulisan ini agak nepotisme juga sih soalnya emang nulis buat label temen juga biar bantu2 ngedongkrak popularitas lah kita #Njir. A City Sorrow Built sendiri kalo diperhatiin di tiap rilisan makin ke sininya merupakan rilisan yang bisa dibilang memiliki progressi entah itu di bidang output sound quality, songwriting, sampe komposisi lagunya itu sendiri IMHO.
Yang menarik di sini kita akan menarik sebuah benang merah dan menyorot progressi dari EP pertama, kedua, sama full length doski terakhir (Asik benang merah! Kyk yang bener aje asli).
Wokeh kita mulai dari EP doski yang pertama judulnya "Songs" yang dimana ane tau doski pertama kali diposting am menus bandcampnya. Sound di EP ini bisa dibilang didenger dr sound productionnya cukup raw dan emotionally straight forward (SEDAP BANG! LANJUT!) secara komposisi musik. Dan di beberapa part ada kontribusi synth dan juga piano yang digunakan sebagai part melodi di album ini. Lalu album kedua doski yang judulnya "Motions". Di sini doski nampaknya moving dari penggunaan synth juga bisa dibilang more guitar driven secara komposisi musiknya. Juga more post rock di komposisi lagunya juga tebaran puisi2 ada di beberapa part lagunya. BTW lagu pertama di album ini asli bikin kaget gak boong men! Overall secara soundproduction diliat dari sound drum, guitar, bass, overall album ini lebih baik. Nah kita ngebahas album ketiga doski judulnya "Ai", bisa dibilang ini full length yang ibaratnya dibilang matang fren. Tapi emang ada beberapa fill in yang bisa dibilang beberapa penambahan dr stuff2 sebelumnya. Kayak ada beberapa lagu di album ini yang chordnya kerasa kyk lebih math. Juga drum tech nya ni di album ini mengalami peningkatan pesat kalo dibandingin album pertama. Sebenernya kayak ada pengaruh Botch2nya dikit kalo ane denger di ni album. Mungkin si om Emil pas buat ni album lg rada ngemood Hydra Head Recs (Sotoy beud ni yang nulis yak!). Walopun generally di album ini masih didominasi ama hawa2 emo dan juga post rock, tapi konsep dari album yang ditawarkan A City Sorrow Built masih fresh dan bisa dibilang jauh lebih matang.
Eniwei albumnya bisa diorder langsung di labelnya Toro, Sailboat Records. Ane juga mw nyetok neh di distro ceritanya haha!


Sites :
Facebook Page - https://www.facebook.com/ACitySorrowBuilt
Bandcamp - http://acitysorrowbuilt.bandcamp.com/
Tumblr - http://acitysorrowbuilt.tumblr.com/

No comments: