Thursday, August 18, 2016

Album Review : Cloverlines - meGumi : a tone poem

Musician : Cloverlines
Album : meGumi ; a tone poem
Date Release : 12th August 2016
Publisher : Scroll Down Comics










Ane sebenernya cukup exciting pas tiba2 si Ababil kasih tau kalo doi lg on progress untuk proyekan musik baru mengingat vakumnya Shorthand Phonetics kmaren2. Dan tiba2 kita orang dikasih teaser lagu dari proyekan barunya, cukup terkejut juga sih karena mungkin ini bisa dibilang Cloverlines ini merupakan bentuk wujud yang jauh lebih nyata dan real dibandingkan Shorthand Phonetics sendiri. Karena selama yang saya tahu teh mungkin ada beberapa yang mengamati Shorthand Phonetics sendiri merupakan proyek yang konseptual yang dimana songwritingnya sendiri kalo disusun2 itu bentuknya udah kayak novel.
Nah menariknya adalah Cloverlines sendiri merupakan sebuah band fiktif dari komik yang diambil dari nama yang sama dengan nama bandnya sendiri. Dan untuk Cloverlines sendiri bentuknya jauh berbeda dengan Shorthand Phonetics sendiri karena yang ditampilkan di sini bukan novel lagi sih namun sebuah graphic komik yang dimana bisa di-subscribe via aplikasi Line. Secara official-nya komik ini dirilis tanggal 12 Agustus kemarin di event Popcon Asia 2016 kmaren. Dan untuk album dari Cloverlines sendiri dirilis dalam format cd dijual bersama komik2nya.
Secara musikalitas di sini ada yang berbeda dan menarik sih karena Cloverlines sendiri menggunakan teknologi vocaloid yang dimana program melodi vocal yang ada di album ini disupport oleh sebuah program voice synthesizer yang menggunakan sampel dari bank sampel suara untuk menyuarakan lirik yang dimasukin usernya. Genius sih dan fresh juga! Untuk musiknya sendiri well said Ababil sih nampaknya udh kyk advanced banget soalnya bisa dibilang dari Shorthand Phonetics sendiri udah gw bisa ambil benang merahnya sih am scoring anime gt. Dan nampaknya sedikit break dari Shorthand Phonetics menaruh efek positif buat kualitas produktivitas si Ababil sendiri dengan bukti ane ngerasain vibe yang jauh lebih positif, songwriting yang fresh, dan juga melodi vokal lebih power #adaaa.
Sekedar info juga, Cloverlines ini juga dibantu oleh beberapa buah tangan dari Marvin rekah dan Ayyub Mustofa untuk engineer vocaloid-nya. Nampaknya album ini bakal ane taro sebagai list taunan buat ngisi kategori 'Japanese Orgcore' #Adaaaa. Dan silahkan buat yang penasaran sama lagunya bisa didengerin sealbum full via bandcamp di bawah. Enjoy!


Sites : 
Bandcamp - https://cloverlines.bandcamp.com/
Facebook Page - https://www.facebook.com/scrolldowncomics

No comments: