Thursday, August 18, 2016

Gig Report : Humming Mad (Turbulence)

Selang ampir 2 mingguan kita prepare ni acara setelah bookingnya di tempat yang sama am kmarenan pas turnya Beeswax. Dan alhamdulillah acaranya pun lancar bin aman walopun ada yang nyap nyap sebelahan gara2 pada nongkrong di dpn pager tetangga venue :)) #Kode #BecandaanInternal. Insya Allah lain kali klo mw bkin acara ntar pasang tanda bae dah 'Awas Yang Punya Rumah Galak!'. Jadi kali ini We.Hum Collective berkesempatan buat arrange gig turnya Lust dan Murphy Radio yang sengaja dibarengin karena emang konsepnya dapet banget kalo 2 ni band yang lagi tur disatuin satu gig dan juga yang penting lagi adalah penghematan biaya sodaraku #adaaa. Ya kaga boong juga sih walopun istilahnya duit jangan dijadikan barometer utama kita butuh juga yang namanya doku ceeskuh!
Jadi acara ini diadain tanggal 6 Agustus kmaren pas lagi pada malem mingguan, jadi para skena-ers dari penjuru Cipondoh-Ciledug-Pamulang-Jurangmangu-Bekasi #sampe pada datang alhamdulillah! Jadi ceritanya ini teh gig indierock pisan lah dengan lineup yang sangat indierock sekali di dalamnya. Kebetulan juga ane jadi guide pre-gig nya 2 band ini dari bandara Cengkareng dan rombonganpun sampe di bandara sekitar jam 11-an dan sebelum ke gig merekapun ngaso2 di rokum sampe jam setengah 6an dan berangkat ke venue setelahnya.
Sampe di sana, terlihat para skena-ers udah pada nangkring sambil dengerin samar2 ada band yang latian didalem bawain lagu 'Januari'-nya Glenn Fredly :)) Acarapun dimulai jam 7 selepas band latihan selesai bawain lagu Januari, ya kaga jam 7-an amat sih tapi lewat2 dikit laaahhh.... Dan teng acarapun dimulai dengan pembukanya Wils! Sempet dikasih demonya kmaren am Tomo sih... And its totally blown man! Dan akhirnya ntn ni band kita. Keren sih ni band kyk nyampurin noisy nya indierock 90's dibalut dengan chord dan melodi post hardcore band2 Dischord DAMN! Ini dari teng buka nya aja udah berasa indie rock beud ni gig aslay!
Setelah Wils selesai maen dengan intensitas yang bikin crowd lumayan panas tu malem, saatnya aksi indie rock asal Jatinangor yang ditunggu, Uncanny, buat maen siapin set. Emang sih intensitas ni band setelah ntn 2 gig kmaren di Bandung udah gak bisa diraguin lagi. Kebetulan juga kudu nganter bini dl janjian am temennya di toko kopi sebelah, tapi akhirnya kita bisa ntn ni band sebagian sih... Materi yang dibawakan pun materi yang bakal dirilis dalam EP doski yg bakalan dirilis sama CYE Records dan sebuah cover song dari Boris 'Electric'. Oh iyak shoutout jg buat Suryo 'Nuhun yo udah promote skena Jatinangor dengan make kaosnya SNK' #Beu #NaonBae. BTW performance Uncanny tu malem emang aje gile dah notorious abis fren! Buat yang doyan am versi lebih noisynya Big Black atopun Sonic Youth era2 awal waktu di SST, this band rulz very hard! Hail Tangsel Scene!
Setelah Uncanny tampil, kini rombongan yang rada ngepop dikit siapin set, Low Pink, YEAH! Kalo dengerin Low Pink itu berasa beud yak kek lg ngelayang di angkasa luas gt #AdaBae. Di sini Low Pink tampil cukup prima dengan materi yang nantinya akan dirilis sama label indiepop kebanggaan Jurangmangu-Ciledug dan sekitarnya, Kolibri Records. Yang jadi notes jg sih topinya yang dipake vokalisnya 'Astro' haha! Keren sih cvlt abis tuh mudah2an tu topi dipake trus dan jadi lucky charm #OpoBae.
Sehabis habis mendayu oleh tembang2 Low Pink, kini tiba saatnya buat band yang lagi tur Lust siapin set! YAY! Cukup exciting juga pas denger materi doski via bandcamp. Asli fren terdengar kyk mathrock yang berselingkuh dengan aroma progressive gt dan terdengar dari materinya makin pengen ntn live nya doski kita. Dan emang udah kedengeran dari checksoundnya sih ni band udah totally badass banget! Asli fren itu soundnya percis kek recordingnya. BERSIH BANGET ni band pas perform! Alig men asli ni mw headbang juga ribet cuk soalnya temponya janggal kabeh lagu2nya :)) Salah banget udh mw jd hipster sok asik gt malahan wkwk. Overall damn ni band keren banget titik!
Next setelah dibakar oleh Lust, ada Sharesprings yang tampil selanjutnya bersiap2! Kangen juga kita ntn ni band setelah ntn dlan ada kali 2 taun yg lalu pas ntn gignya Heyho Records (RIP) di Kemang. Di gig kali ini nampaknya bapak Yanu udah kaga babantu lagi :)) Dan personil tetap masih ada bapak Ardi, Uci, dan Rusli di malam itu bersama dengan geng2an Indiepop Bekasi-Jakasampurna yang turut meramaikan gig. Di tu acara nampaknya Sharesprings bawain materi2 baru dah dan keknya mw bkin album baru neh bau2nye dengan ngeposting burningan master dvd di twitter kmaren #adaaa. Aslik materi barunya beuh fren! Totally killer breeding pop abis! Sayangnya cuma tau 'Maydear' doang pas dibawain HAHA! Mayan dah ni Shares bs bkin pala goyang2an maaahhh... Asoy! Bisa gaya dkit2 setelah mw headbang failed mlu pas ntn Lust tadi saking ngitung gt breakdownnya #Adaaa. Seneng banget sih intinya bs ntn Sharesprings lagi di ni gig!
Selesai set dari Sharesprings, kini band kedua yang juga lagi tur dari Samarinda, Murphy Radio, tampil! Dan untuk kali kedua kita dapet band yang asli keren abis bis bis! Setelah mengamati teaser lagu doski yang dimana juga tracknya masuk dalam album pertama doski, Naftalena. Asli ini line up band tournya 'ngadu'! Kalo bisa dibilang. Murphy membawakan aroma mathrock yang bisa dikatakan musiknya yang dibuat sungguh njelimet dan prog abis! Gak salah sih klo media kyk Wastedrockers pernah ngerekomendasiin nih band kmarenan. Bneran fren ini pas ntn mw headbang salah mulu! Shit! Kalo ditanya intensitas performancenya sendiri ane bisa kasih nilai 9 dari 10! Fukk asli Jakarta indie scene should be aware of this rising son from Samarinda!
Anjir beneran sih ni gig kalo bs dibilang line up dan vibe nya 'bener' banget fren! Indie rock to the max lah! Selesai gig rombongan tur Lush dan Murphy Radio pun digiring ke rumah Tomo di daerah Cipulir buat sedikit obo soale bskannya harus udah ke Bandung lagi paginya + ngejemput gitarnya Lush yang kabarnya ketinggalan di KL kmaren. Dengan berakhirnya Humming Mad #11 ini, berakhir juga rangkaian pekan tur + gignya we.hum dari kmarenan. Saran saya buat Tomo adalah lain kali gendutin perut biar kaga gampang masuk angin tom! BTW mudah2an ke depannya msh bisa bikin lg we.hum nya amin!

No comments: