Saturday, January 14, 2017

Album Review : Damnation - The Prophet Revenge

Musician : Damnation
Album : The Prophet Revenge
Date Release : 10th January 2017
Publisher : Internal Brutality Records/ Hitam Kelam Records








Sudah lima tahun terakhir saya menjadikan Jogjakarta sebagai kiblat pencarian musik/rilisan teranyar, mengingat scene Jogja bisa dibilang sangat variatif cakupan genre-nya, jadi saat terdengar kabar bahwa salah satu dedengkot Brutal Death Metal, Damnation akan segera merilis album debut setelah 17 tahun silam, tak pikir panjang langsung saya meluncur ke dunia maya untuk mencari informasi lebih lanjut. ‘The Prophet Revenge’ didaulat sebagai judul album perdana Damnation, yang dirils secara internasional melalui Internal Brutality Records, dengan versi lokal dipegang oleh Hitam Kelam Records. selain menawarkan lagu-lagu baru, album ini juga memasukan versi rekam ulang trek-trek yang sebelum nya telah dimasukan kedalam Demo “As Crucifix Burns” (1999) dan “My Soul Confession” (2013).
Lewat “The Prophet Revenge”, Damnation memuntahkan 13 nomor lagu yang mencoba mengembalikan hakikat Brutal Death Metal old school dengan brand komposisi mereka yang biadab, tanpa basa-basi dan tanpa kompromi, dimana selama 34 menit pendengar langsung digempur dengan materi-materi bertempo tinggi, padat, dan intens, tanpa perlu disusupi groove-groove kekinian yang sudah menjadi formula standar era Modern Brutal Death metal kini. Memang‘ The Prophet Revenge’ bisa dibilang bukan album yang mudah dicerna, perlu meluangkan waktu tersendiri untuk memutar album ini berulang kali secara seksama agar bisa mendapatkan esensi keseluruhan album ini. Mengingat bukan hanya karena materi yang terangkum dialbum ini super ngebut nan agresif tanpa hook-hook crowd pleaser,  pengolahan hasil akhir sound yang adapun mungkin sengaja dibuat agar terasa primitif dan cukup berbeda dengan banyak album yang belakangan ini muncul yang menurut saya bisa dibilang memang sengaja dibuat agar dapat dicerna semudah mungkin.
Album ini berakhir dengan durasi yang cukup pas, tidak terlalu pendek, dan tidak terlalu panjang mengingat secara stuktural komposisi materi yang ada memang masih berkutat dalam spektrum yang sama, yang cukup disayangkan mungkin adalah penyusunan tracklist yang agak terasa belang mengingat lagu seperti ‘Pierced from Within’ yang merupakan cover dari Suffocation misalnya yang terdengar out of place karena kualitas rekaman yang jauh berbeda dibanding track sebelum dan sesudahnya. Akhirnya ‘The Prophet Revenge’ kembali lagi memang bukan album untuk bersenang-senang, dan bagi yang mencari groove-groove catchy yang headbangable/moshable mungkin bisa cari ditempat lain, ‘The Prophet Revenge’ memang ditujukan bagi mereka yang berani dengan Brutal Death Metal yang penuh raw power dan savagery, Namun kembali lagi musik adalah hal yang subjektif, ujung-ujungnya ya masalah selera. (Alvin Razdir)


Sites : 
Soundcloud - https://soundcloud.com/damnation-pure-brutality
Facebook Page - https://www.facebook.com/DamnationDM/
Twitter - https://twitter.com/Damnation_Ina

No comments: