Friday, July 14, 2017

Album Review : Mush - Protect Your Brand

Musician : Mush
Album : Protect Your Brand
Date Release : 28th June 2017
Publisher : Skeletal Lightning











Mush sebenernya sih sebuah band yang bisa dibilang kalo menjadi gedepun wajar. Kenapa saya bilang begitu??? Ya kagak heran sih soalnya orang di dalemnya yang maen di band bangsaan La Dispute, Pet Symetry, Annabel, What Gives, Dowsing, ampe Lettering. Saya sadar juga tetapi kalo band yang isinya superstar gini apalagi band yang orang2 into di dalamnya aktip semua BEUH! Istilahnya kalo di jaman moderenan 2017an skrg kalopun aktip paling bykan aktip di messanger kek WA doang alias jarang ketemuan orang2nya secara real lyfe nya gt. Tapi itu sih hanya tanggapan sotoy kita haha! Tetapi hal ini gak heran ane kemukakan sih karena anggota bandnya sendiri terpisah dari 2 kota yakni Grand Rapids dan Chicago (Noh kan udah mah pada aktip bennya trus tinggal di kota berbeda lagi SALAH UDAH!). Dan bener aja dong kalo diliat dari postingan instagramnya ni band aja udah maen am band bangsa City Cops, La Dispute, ampe Care.
Dan tumbenan di sini yang jadi highlight adalah bang Eric Czaja megang vokalan doang biasanya maen gitar2an di band2 doski nih #adaaaHeranBegitu. Secara musikalitas saya bisa bilang kalo Mush ini mungkin kalo ada yang belom denger lagunya sebelumnya (Sama kita juga baru denger via EP ini sebenernya) adalah sebuah proyek yang dimana sekumpulan pria yang growing up di tahun 2000 an awal dan doyan ngumpul maen game plus dengerin rilisan2 early days nya Vagrant Records. Dan emang era segituan ya gak heran sih Vagrant Records kalo bisa menelurkan beberapa so called 'legacy' untuk band hari ini, mengingat band yang sign am doski juga di tu taunan bangsa The Get Up Kids, Saves The Day, Hey Mercedes, Moneen, Ace Enders And A Million Different People ampe Reggie And The Full Effects. Nah kalo yang rada heavy an dl dengerinnya bangsa Alexisonfire, FATA (From Autumn To Ashes), ato Senses Fail. Wah asli entu gw tau band entu smua era2 Warped Tour masih kenceng2nya entu haha! Nah mengutip seperti yang press rilis dicantumkan di bandcamp doski nampaknya memang Mush ini merupakan sebuah proyekan yang bisa dibilang sebuah 'Pay Tribute' buat jaman keemasan Vagrant Records.
Secara songwriting Mush di beberapa part memang sedikit 'mencuri' part-part dari band yang saya sebutkan tadi. Mungkin lebih definitive apabila saya menyebutkan sebuah generical words kyk 'Early 2000's Emo' ke dalam tagging musik untuk Mush sendiri. Dan yang lucunya adalah kalo Dowsing element sih masih kerasa banget di Mush soalnya vokalnya si bang Eric kali yak #adaaa. Album ini tersedia dalam format kaset bersama bundle card games di dalamnya dan dirilis oleh Skeletal Lightning, sebuah label yang dimana juga merilis band2 kyk What Gives, Locktender, Tiny Moving Parts, dan lain sebagainya.


Sites : 
Bandcamp - https://mushisaband.bandcamp.com/releases
Facebook Page - https://www.facebook.com/mushhhhhh/

No comments: