Tuesday, December 12, 2017

Kisaran Pendengaran Rizkan 2017

Image Source : https://japanesestation.com/

Wokeh tiba saatnya kita di penghujung dan kaga terasa aja udah nulis lagi ni artikel alias kerja keras lg nulis artikel panjang #adaaa. Tapi buat yang gak masuk di artikel ini mohon yah jangan tersinggung bukan album kalian kurang bagus cumaa... (Ni manusia ngerasa penting banget yak! Wong lo nulis ni list aja blm tentu semua ni band nanggepin balik si HAHA!).
Yak list ini setelah diliat2 ternyata list saya masih didominasi am bennya Prabu dan juga Mbak Lou Hanman kalo ni taon, teritung kalo Prabu ada 2 band masuk ke dalem list dan begitu juga bennya mbak Lou di sini yang masuk ada tiga biji. Ya intinya kalo bandnya baguer dan enak mah masuk list saya (K*nt*l! Penting banget lo ya kan!). Oh ya dan satu list ini bkn pure rilisan 2017an yak dan juga bukan dalam urutan yang pasti alias yang nomor terakhir bukan berarti rilisan yang peaked bgt, yang pasti nyantol aja di mp3 gw sepanjang taun (Tuh kan makin lagi subjektip! Rizkan dipercaya ye kan!).


Caves 'Always Why' Full Length, Specialist Subject / Dead Broke / Yoyo Records  
Yak seperti omongan kita di atas, list ini dimulai dari rilisan terakhir dari Caves yang berjudul 'Always Why'. Di full length ini makin banyak lagunya dan juga makin melodious secara song writingnya. Hell this is a lovely lovely stuff I tell ya!








Big Nothing Self Titled 7", Asian Man Records
Instant favourite bagi semua yang doyan indie/punk. Ya gimana kaga killer orang2nya di mari udah ulung dalem songwriting semua, ya lo itung aja ada vokalisnya Crybaby, trus Pat Graham nya Spraynard, trus ex basistnya Casual, we insya Allah lah optimis buat full length nya ntar!







Write The Future 'Changing Pace' Full Length, Self Released
Salah satu rilisan emo/pop punk sungguh paporit dari Write The Future! Aslay, secara song writing dan juga sound emang tertata sungguh rapi ni rilisan. Akhirnya skena emo/pop punk local punya milestone rilisan revival yang sungguh definitif!








Saturday Night Karoake split with Felix! 'Yes Band Photo Vol 01', Waterslide Records / Geekmonger Records / Rizkan Records
Split ini bisa dibilang sebuah instant favourite dimana kedua band dalam split ini menuangkan materi yang sangaattt baik di dalamnya. SNK memiliki song writing yang jauh lebih poppy dan melodinya tertata jauh lebih baik dari materi2 awal dan Felix! juga di split ini memiliki melodi vokal yang terdengar lebih killer dari full length kmaren. Intinya mah beli split tape kedua band ini soalnya masih sisa banyak di rumah gw dan enak asli! (Bangsat jualan dia!)



Turncoat split with Offseason, Waterslide Records
Wah ini mah dua band paporit kita jadi dalem satu EP jadi yah udahlah gimana kita nda doyan coba. Turncoat memiliki materi indie/punk yang lebih berfusi dengan asosiasi J-Punk di dalamnya dan juga Offseason yang kini mencoba memakai instrumentasi terompet di salah satu lagunya yang insya Allah akan mem (((buyar))) kan emosi anda #Azhek






The Sneakers 'Sneakers Freak', Powered by Brian Kroll Fundation / Sci-fi Disks
Anjer lah materi di EP ini bli Eko langsung meroket bagaikan Rocket To Russia #adaaa. Tapi EP ini tereksekusi sungguh baik asli! Dari songwriting dan juga sound Sneakers nampaknya sudah memulai pathnya sendiri untuk menendang bokong anda #Naon #TeuEcreug






Fatrace 'Millenials Heartbreak' EP, Geekmonger Records
Dari langganan sering bikin kaos sampe EP nya gw naekin jadi taunan #Anjing, Fatrace memang memiliki potensi untuk menggantikan throne skena setelah Saturday Night Karaoke #Anjaaayy. Biarin aja lebay, biar happening skena nya #adaaa. Tapi Millenials Heartbreak memang sebuah output yang harus diapresiasi sih IMO. HAIL Radrace mudah2an dapet kupon gratis bikin kaos!





Cayetana 'New Kind of Normal' Full Length, Plum Records
Cayetana mungkin salah satu band feminis yang nyantol di list saya dan pertama saya sebut dalam list ini... Tapi emang sih terasa di album ini penulisan liriknya jauh lebih personal dan juga gak lebay sih kalo menancapkan Cayetana sebagai salah satu band katalis untuk pergerakan feminis hari ini.







Katie Ellen 'Cowgirl Blues' Full Length, Lauren Records
Nah! Pas sebelah Cayetana lagi kan listnya kita, neks ada Katie Ellen. Yang kita tau ini band bubarannya mbak Anika pasca Chumped dan emang sih yang saya rasakan dan dengarkan dan juga resapi kalo Kattie Ellen terdengar jauh lebih fit in untuk karakter mbak Anika Pyle sendiri dalam segi song writing dan juga karakter vokalnya. Full length ini terasa lebih personal bin emosional sih kalo ane denger secara personal.





Ogikubo Station Self Titled EP, Asian Man Records
Asli Mike Park sekali bkin lagu folk2an keren walopun byk komen yutuber yang ngerasa aneh karena dlnya kan seperti kita tau doi biang ska. Cuma Ogikubo Station merupakan proyekan doi yang sungguh killer my friend, di samping itu gak sangka juga Maura Weaver keren juga yak suaranya kalo harmonisasi gt. Their debut EP is totally recomended!






Billy The Klits 'None Taken' EP, Self Released
List kita lanjutkan dari Timur Jakarta dan kali ini ada Billy The Klits! Gak sangka sih pas didit cabut eh bkin EP ini band yang ada hits internasionalnya 'Cabut'. Gw rasa tu lagu bagus kalo jadi national anthemnya pop pang ramonskor ni hari #adaaa. Tapi senang sih byk ben lokal yang rilisannya bagus2 ni taun asli! Mudah2an bisa mendengarkan lebih banyak materi mereka di taun selanjutnya amin!





Crow Baby 'Bless This Mess' EP, Self Released
EP yang dirilis taun ini oleh trio garage pop asal San Pedro ini emang akan menjadi instant favourite anda. Disamping melodi yang sungguh kane, juga harmonisasi yang disisipkan di beberapa part lagu yang ngebuat ni EP bener2 stuff yang harus anda pick up taun ini.







Eleventwlefth Self Titled EP, Six Thirty Records / Waterslide Records
Yak! Udah gak usah munafik gw suka emo, gw jg suka Eleventwelfth. Gara2 ni band Putra makenya kaos Maternal mulu, dari jaket, kaos, ato mungkin kancut juga?!@# Siapa yang tau. Inget tir apa yang Eleventwelfth berikan padamu! #azheekk... Eleventwelfth merekonstruksi sound emo revival dari American Football, Algernon Cadwalder, Snowing (tentunya dengan vokal yang jauh lebih rapih dari Snowing sendiri). Gak heran sih kenapa band ini menjadi highlight publik, ya karena materinya di EP ini keren.



Daniel Versus The World 'Remember Who You Are' Full Length, Dovetown Recordings
Full length dari Daniel Versus The World ini memang gak bisa ngelak sih salah satu album gender power yang dieksekusi secara baik. Keren sih outfit albumnya make tema Ziggy Stardust bin Elton John, sungguh representatip. Bisa dibilang album ini secara estetik penulisan lirik dan juga songwriting Daniel Stocker sungguh 'terasah' di album ini, jadi mungkin bisa dibilang rilisan ini sungguh powerful untuk kaum 'pelangi'.





Onsind 'We Wilt, We Bloom' Full Length, Specialist Subject / Salinas Records
Sungguh album merupakan sebuah pelepas rindu setelah Onsind sendiri ditinggalkan untuk beristirahat sementara Martha sendiri sedang berkibar namanya pasca album 'Anaesthesiology'. Yang baru di full length ini adalah ada satu track yang memakai ketukan melodic punk ala Good Riddance-No Use For A Name, yang lain sih karena ini Onsind ya gak bisa ngelak klo Onsind masih kicking ass dalam hal folk punk. Percaya saya!




Honey Joy Self Titled Full Length, Everything Sucks Music / Infinity Cat Recordings
Honey Joy memang sudah menjadi yang saya awasi semenjak menghasilkan 2 EP awal. Terbukti sih dengan kickstart yang sungguh baik, full length ini juga menjadi stuff yang sungguh worth to hear. Terbukti sih dengan mereka menjadi line up The Fest taun ini, dan emang untuk band UK sendiri menjadi line up di The Fest sendiri merupakan sebuah luxury achievement tersendiri.





Grand Pop 'Eight Nights' Full Length, Specialist Subject
Tahun ini Specialist Subject memang telah mendominasi pendengaran, di antaranya ada Fresh, trus tadi yang kita sebutin ada album barunya Onsind daaann jugaaaa ada Grand Pop  di sini! Yak gw gak tau latar belakang ni band yang pasti mbak Lou maen di sini juga dan denger2 ada orang2 Austeros am Bangers jg di sini yak secara gw juga gak pernah nemu facebook page nya jg rda susah ngorek2 ni band. Yang pasti sih full length ini materinya kerasa sungguh energetic dan positip.




Worriers 'Survival Pop' Full Length, Side One Dummy Records
'Survival Pop' merupakan sebuah kemewahan tersendiri untuk scene indie/punk. Kenapa?! Worriers dan Lauren D memang telah mengalami sebuah revolusi tersenderi melalui 'Survival Pop'. Selain deal dengan Side One Dummy, album ini juga dari penglihatan penulisan lirik mbak Lauren sendiri merupakan sebuah titik kulminasi doi terhadap isu-isu personal yang dialami. Yak akhirnya bisa juga bener kita nulis bener.





Jeff Rossenstock 'Worry' Full Length, Side One Dummy Records
Wokeh udah jangan dibilang dah Jeff Rossenstock dengan kemahsyuran tangannya mah! Mw apaan juga jadi am doi mah... Gw yakin nih doski bakalan jadi pop punk #1 producer di masa depan. Ya wajar sih dengan beberapa portofolio seperti albumnya Mikey Erg, Bruce Lee Band, Smith Street Band, dan lain sebagainya. Ya kalo album Worry keren wajar sih, yang nanganin tangan dingin semua ye gak... Gitaris yang digaet aja Mike Hugenor Hard Girls. BTW Side One Dummy menang banyak juga yak klo dpkir...


RVIVR 'The Tide' b/w 'Shaggy', Dead Broke Rekerds
Ini single gw pilih kenapa?? Karena di single ini memang RVIVR sendiri memiliki song writing yang sungguh dalem dan sarat makna #Sah. Entah bgimana, cuma dua lagu ini message nya strong dipadu dengan warna musiknya RVIVR yang sungguh compact, insya Allah single ini telah menampilkan keindahannya secara sendiri!







Pet Symmetry 'Vision' Full Length, Polyvinyl Records
Lumayan lama juga setelah Pet Hounds selang album ini rilis. Tetapi memang tidak mengecewakan sih! Memang kalo di bidang song writing, udah lo jangan meragukan Evan Weiss dah aslay... Tanpa menginkorporasikan kasus terkini yang menimpa Into It Over It, insya Allah album ini emang incredibly good.







Mikey Erg 'Tentative Decision' Full Length, Don Giovanni Records
Masih dalam rangka hari ngacay anak pop pang karena Ergs am Descendents were on the same bill few weeks ago, yak 'Tentative Decision' merupakan album yang sangat sangaaaatttt baik untuk didengar! Kenapa?! Ini merupakan sebuah obat apabila anda yang emang pundung soalnya Ergs mati tidak hidup pun tak mampu.






Waxahatchee 'Out In The Storm' Full Length, Merge Records
Saya sebenernya bukan merupakan penggemar mbak Katie Crutchfield di album2 sebelumnya, cuma album ini memang distingtif adanya! Men di sini doi jadi kek full band gitu dan materi nya emang oke banget sih di sini. Emang Merge Records kaga salah ngolah yak ni band walopun emang sih sound drumnya terdengar kurang tebel ni album. Overall album ini merupakan album feminis yang sungguh baik!





The Shoptalks Demo, Self Released
Pasca SNK bubar, The Shoptalks memang dari awal udah mencuri banyak perhatian. Let say secara estetika memang ben ini sudah bisa dikatakan jauh dari kata 'average good', sound ben ini emang digarap juga gak maen2 sih I mean like these guys totally know what to do for their music! Gak salah juga kalo Dede WR sempet praising komentar kalo sound drum di demo ini sangat rapat selain juga sound gitar yang 'pas vintage'nya.




Higley 'Thats Not Me' Full Length, Waterslide Records
Ya mending lupakan mengenai ekpektasi anda untuk album baru Descendents kalo emang rada melenceng dikit... Higley bisa dikatakan sebuah obat juga buat saya untuk stevensoncore yang kurang achieving ALL di album Descendents yang baru. Intinya mah aing mw beli ni album kalo taun depan ke Jepang lah!

No comments: