Friday, October 24, 2014

Gig Report : Sailboat Showcase #1

Lanjut setelah kemaren2 buat gig report gig sendiri, sekarang dilanjut gig yang kita tonton dan gemari kemarin, Sailboat Showcase! AKA Toro Fest #OpoBae. Jadi gig ini diadakan tanggal 11 Oktober hari Minggu kemarin menampilkan band2 paporitnya Toro (Namanya doang Sailboat pa
Seperti biasa acara yang tertera di flyer itu mulai jam 6 malem tapi nyatanya setelah saya mampir maem di Blenger Bintaro acarapun baru dimulai jam 19.30 an ato bisa dibilang acara dimulai pukul 18.00 PMT (Punk Mean Time) #OpoBae #GaringBangsat. Setelah clearing area yang dimana ampe temen baek dan selalu support kyk gw pun disruh keluar dlu bntar Ckckckck... Acarapun dimulai! Dan yak band pertamapun thamphil! Band tersebut adalah What The Sparrow Did To You! Katanye seeehhh ini gig terakhir mereka #Azheg. Jadi band yang akan merilis sebuah split tape bersama woodcabin nanti ini sedikit melakukan perombakan personil di dalamnya. Biasanya Avin yang biasa maen drum gantian maen gitar sekarang... Dan juga nampaknya drummernya ini yang sekarang lebih keren aja maen drumnya dan juga lebih kece bewoknya drpd si Toro. Dan kalo diliat2 sih jd inget am vokalisnya Iron Chic yak :p (Ini mao ngomentarin orangnye apa performance nye sih! Ampun dah!).
Jadi di acara ini ceritanya kan last show gt jadi setlistpun nampaknya rada banyak dr doski. Salah satu di antaranya beberapa hits andalan yang dibawakan kyk lagu2 "Strangers", "The Art of Common Internet", "I Thank God I Have None of You In My Life" (Biasalah band emo panjang lagunye cuy!) dan langsung para Japra-pun gak tahan pada singalong langsung #AmpunDahLuJapra. Di tengah set merekapun ngekover sebuah tembah dari woodcabin yang judulnya "People Talk" yang katanya akan dirilis di split tape nya nanti. Selain ngekover lagu temen sendiri, mereka juga ngekover band2 gaul macam2 Modern Baseball ampe Old Gray lhaaaa.
Wokew suasana di studiopun makin panas sepanas pelemnya Dylan Ryder #OpoBae, Woodcabin membuka dengan intro yang dilanjut dengan lagu yang ada di kompilasi Revolution Summer #Eh Revolution Autumn yang dirilis juga oleh label super keren, Rizkan Records HAAAAIIILLL!!!, "Tikoh". Dan yang di studiopun udh kaga tahan lagi singalong semua, khususnya para japra yang hadir! (Si Japra mah ga usah emo, dangdut koplo aja singalong coy!).
Ciyeee Avin yang bandnya Last Show...
Di malam itu Woodcabin membawakan beberapa lagu baru yang akan di split bersama What The Sparrow Did To You yang dimana akan dirilis oleh label sombong namanya Sailbos Records #Eh Saiboat Records. Ada juga di sini doski seperti biasanya bawain beberapa tembang dari JKT48 dan asli preng langsung pada stage dive. Oh ya mereka juga membawa sebuah tembang cover version dari What The Sparrow Did To You yang katanya akan ada di upcoming split tape mereka! Selain itu si Woodcabin ini bawain sebuah tembang manis nan galau yang ampe vokalisnya Tapestry, Syed, kesem2 langsung, "Never Meant"-nya American Football. Dan puncaknya di lagu terakhir mereka membawakan sebuah hits galau andalan "Hipotesa". Tanpa basa-basi suasana chaos dengan seketika! Dari selebscene ampe para Japra tumpah ruah singalong! Udah kaga jelas dah tuh miknya kemana tuh! Kalo ditanya gimana panasnya di dalem. Itu udah ampir sama panasnya kyk neraka kerak tingkat pertama men!
Wokeh setelah Woodcabin selesai maen, next band emo beneran maen neehh, Forever/Always, yang cdnya baru2 ini dirilis sama Sailboat Records dan juga tape nya kmaren am Rise & Grind Records.
Pas Woodcabin maen ketar ketir tuh operatornye
Keliatan nampaknya pada malam tersebut bassist mereka yang maen di Fernie Sue gak maen dan digantikan oleh si Putra ALE. Pantesan aje bassnya kyk Fat Mike gt yak kirain bass sape... Hampir tidak jauh beda dengan atmosfir Woodcabin, Forever/Always juga masih membakar gig dengan tembang the wave yang JLEB dan "sakitnya tuh di sini" #OpoBaeKangMz. Gile men ni band bersih banget maennye cooooyyy... Gmn kga orang pada kga jatuh haci am nih band. Next abis itu ada salah satu roster dari Sailboat Records yang bntar lg mw rilis albumnya, Seems Like Yesterday! Ini band peteran punya dan nampaknya telah melalui sebuah transisi spiritual #OpoBaeDah yang dimana terdengar materi barunya entu terasa sedikit hawa2 The Wave di dalamnya dicampur dengan melodi2 vokal yang asoy geboy. Gak kalah dengan Forever/Always, band emo beneran ini membawakan tembang2nya tidak kalah clean cooyyy!!!
Terdengar kabar di tengah2 gig kalo Gauth ktanya kga jadi maen ktanya gara2 mobilnye turun mesin di tengah jalan #Busyeng. Kesian bner dah ah, mudah2an di lain waktu bs ntn ni band coy... Nah selang setelah entu band emo sok bisa marah namanya Amukredam maen... Ngutip dari komennya si Manan "Amukredam harus banget ya maen?", ya tp gmn ya band respectful bgt di scene skramz lokal ya harus maen dooonnggg (Noh Tor baek kan gw udah gw tulis2in yang bagus noh band lo!). Band yang akan merilis split bersama Individual Distortion via Rizkan Records #HAIL ini, membawakan set yang emosional di malam tersebut.
Forever/Always yang ocre beud...
Tapi sebenernya sih kurang emosional soalnya Tomo gak buka baju! (Payah lo tom diempanin akua jahat malah kga bugil!). Di awal setpun Odoy membuka dengan salam "Assalamualaikum" walaupun di tengah set sang vokalis Tomo banyak sumpah serapah (Salah band lo doy asli!). Amukredampun tampil secara intens, epik, dan sporadis malam itu. Materi barunya pun digeber dan terdengar seperti Tetsuya Fukugawa dkk yang sedang kambuh bipolarnya #AhSyedap. Tapi sbnernya sih ada yang kurang epik, kenapa sih baca puisinya make iPhone? Orang mah biar artsy dikit mah pake kertas selembar gt yak kyk alm. WS Rendra ato sok2an megang buku gt ye... Ah tapi tetep aja klo yang baca puisinya Tomo tetep bikin kelepek2 mahkluk2 seperti Khaidir pastinya!
Setelah Amukredam maen, yak yang jadi highlightpun siap2 maen, band skramz kewreenn asal Singapur, SiFulan! Jadi malam itu SiFulan gitaris aslinya itu berhalangan hadir jadi aja digantiin am gitarisnya Tapesty, Syed Hafiz! Wah kaco nih band kyknya ketularan yak diracunin am 48an #SalahUdah. Ini band goks preng lo harus denger demo EP mereka preng... Intens beud... Dan di tengah set dan binggo mereka ngekover lagunya Jkt48 aja gt! #SALAAAAAHHHBAAANNGGEEEETTTUUDDDAAAAHHHH.
SiFulan intens beud maennya bro...
Yak singalongpun tidak tertahankan oleh para Japra-ers! Ini sih klo gw bilang acara semi "Binggo #3" kali ya! Secara daritadi kover 48 mlu lagunya #SalahUdah (Kesian beud lu tooorrr acara lau ditumpangi!). Singkatnya klo mungkin anda doyan skramz2 bangsa Circle Takes Square ampe Daitro, insya Allah band ini dapat memenuhi hasrat musikalitas anda #AhSedap.
Tidak lupa juga di gig tersebut ada sebuah zine keren yang khusus namanya ganti nama gara2 gig malam tersebut yakni tabloid "s0B4t 1nD13" yang tiba2 ganti nama jadi "s0B4t 3m0". Gila preng! Lo gak dateng acara ini itu rugi banget sob! Acaranya pecah abiz sobkuuuhhhh... Ampe kesian nooohhh yang jaga studio bersihinnye repot banyak kaca berserakan #ApaSih #Kriuk. Yak untuk penutup malam emosional bin labil tersebut tampilah aksi screamo-post rock asal Solo, Senja Dalam Prosa. Wih ini preeeeeenggggg aslay! Epik se epik2nya doski maen preeeenggg... Soundnya pun goks beud! Pkoknya doyan Envy dan doyan juga sastra? Senja Dalam Prosa pilihannya! Aslay preng abis dari ntn doski jadi kepikiran mw beli cd doski yang dijokul am si Unleash Records. Tp masing ada kga yak :( Yowes lah ntar gajian bulan depan kita anggarkan dlu buat beli cd doskeh!
Senja Dalam Prosa maennya rapih coy ASLAY!
Yak gigpun berakhir jam 12 lewat dikit walopun kena tegor dikit gara2 ada yang buang puntung roko sembarangan (Gini sih klo punya venue bukan dari komunitas sendiri, suka diteken2 gt daaah hehe...). Overall gig ini suangadh manteb! Dan intim tentunya, mudah2an juga ke depannya Sailboat Records bisa tambah maju dan gak sombong bin songong kyk sekarang! (Tor gig lo gak bakal rame klo gak ada lapakan gw kali! Catet itu!).
Okeh sekian reportase dr Radio Hey Ho! Mari kita tunggu Sailboat Fest taun depan :D

*All photos are taken by Toro The Artmighty

No comments: