Monday, October 5, 2015

Gig Report : Saturday Night Karaoke's Album Release Party #SruputusMaksimus

Wokeh sodara2ku... Jadi kali ini ni si label yang namanya Rizkan Records agak gaya dikit ceritanye ngadain acara bareng sama Bluradio Jatinangor buat roster kita tercinta, Saturday Night Karaoke, dalam rangka launching album terbaru doski yang judulnya 'Slurp!' dan juga ni acara dikasih judul 'Sruputus Maksimus' soale ceritanya si yang ada di cover kenyang gitu nyeruput abis mie ayam ampe perutnya ngaburayut #SundaShitModeOn dan itulah yang saya tangkep kenapa judulnya 'Sruputs Maksimus' #SotoyDeh. Wokeh jadi acara ini ceritanya diadain jauh dari Jakarta dan juga jauh dari Bandung sampaaii jauh juga dari peradaban skena #Naon. Iya acara ini diadakan di kampus Unpad lebih tepatnya di kampus FIB unpad malem minggu kmaren.
Waktu ngobrol am prabu sih awalnya pngennya ni acara diadain di weekdays soalnya takutnya anak kampus nya pada balik klo ngadain acara hari sabtu katanya dan juga yang ngurusnya emang kudunya jadwal balik hari Sabtu #YUK tapi yak karena pihak penyelenggara sangadh baik jadi akhirnya kita jadi malam mingguan di Nangor fren YIHAAA!!!! Awalnya sih ane mikir klo ni gig bakalan sepi freng... Tapi ahay tauknya emang nampaknya terkecuali gig ini karena disponsori oleh Bluradio Jatinangor sehingga acara ini pun ikut beken sampe2 para AMN (Anak Muda Nangor) pada datang #Adaaa.
Karena macet di cibiru ane pun tiba di Nangor telat sodaraku dan juga karena Nangor berada di Indonesia acarapun paassss cekalih blm mulai! ALHAMDULILLAH! Wokeh jadi ane, bini, dan teman handai taulan satu rombongan pun solat Maghrib dlu sblm gig mulai dan pas sblm acarapun kita ktemu rombongan The Spikeweed yang nyewa Avanza isinya ber 7 (Ini dia cara tepat untuk menyewa mobil sodaraku biar patungannya kga mahal2 beud #Adaaa) dan juga rombongan Aggi yang mojog bae (Maklum fren ini ben isinya orang pecongan smua hahay ;p).
Acarapun dibuka oleh performer pertama ben skramz pol yang namanya The Verlived Orchestra. FYI bae kmrn ni ben udh rilis split am Sifulan am Inquiry Last Scenery sama full length, jadi dari situlah ane tau kredibilitas ni band #CiyehGitu #SokPentingAnzrid. Tapi emang keren ni band pas maen sodaraku, dan banyak dinanti oleh para AMN yang dateng. Rada ngingetin sama chaoticnya Orchid sih klo ane blh pendapat blm lagi ada sample2 dari percakapan pelem gitu. Mantap nian lah ni band.
Lalu setelah skramz2 an neks ada ben pang rok Jakarta yang namanya Torpedoest. BTW mw minta maap am ni ben soale pas di press rilis ni gig kmrn gw nulisnya ben Nangor HAHAHAHA salah udah! Ni ben bner2 bkin nostalgia men buat yang doyan sound2 punk rock California 90-an bangsa Pennywise, Bad Religion, sampe sedikit Rise Against, sangadh pas dah am ni band yang bisa dibilang liriknya juga Political. Satu yang jadi highlight pas doski maen adalah doski maenin cover song dari Iwan Fals sodaraku yang judulnya 'Galang Ramboo Anarki' hahay!
Foto Urunan Yang Diambil Oleh Sodara2 The Spikeweed

Yak acarapun mangkin malem dan mangkin malem mangkin banyak AMN yang pada dathang WEY! Dan kali ini ada salah satu unit indierock nangor kesayangan yang kweren awbwis bakal maen yakni Uncanny! Ane sih insya Allah udah denger single doski kmrn dan dikirimin pula oleh bapak Suryo yang baek hati via email kmrn hahay! Mungkin ada yang blm tau si Uncanny ini, bisa dibilang doski ini memainkan indie rock yang sangat noisy sedikit ngingetin ane am Sonic Youth era SST Recs. Crowd pun mulai panas nampaknya dan udah mulai dah tuh ada yang stagedive. Dan yang keren ni band maenin track psychadelic dari Boris #WIH. Keren beud dah ni band dan kudu maen di jkt nih fren!
Setelah cukup hangat dengan penampilan Uncanny, lalu selanjutnya ada The Spikeweed maen fren! Wih khan maen cok udah lama kga nongton ni band live. Oh iye ini pertama kali sejak 2010 klo gak salah The Spikeweed am SNK maen satu gig semenjak gig di FX HAHA! (Ini pas beud dah di FX lagi dlu gignye). Track pertama yang dimainkan am unit ramonescore ini adalah hit klasik judulnya 'Nerdy Girl'. Aslay udah kaga kuat gw am prabu sing along (Dih dangdut banget mental lu kan!), akhirnya crowd pun udah mulai dah tuh pogo2an haha! Di gig ini doski maenin beberapa track pendek yang ada di EP kmrn, beberapa lagu lama kyk Friendzoned, dan juga ada materi baru dibawain. Dan seperti tradisi band ramonescore biasanya, ni band bawain beberapa cover song dari antara lain 'I Wanna Be Homosexual'-nya Screeching Weasel ampe 'Bikeage'-nya Descendents featuring Prabuerg yang walhasil membuat smua orang turun disko fren!
Foto The Spikeweed Oleh Bluradio Jtr

Wokeh malempun mangkin ashik! Dan sebelom yang punya acara maen, ada ben paporit kita smua, Aggi, turun maen setelah jauh2 dari Jakarta. Nampaknya kata Mamet bener adanya adalah sebuah pressure tersendiri ketika tampil sebelum highlight band soale nampaknya crowd sendiri pada turun minum dlu abis engap JOGED-an (JOGED = Joget Edan) The Spikeweed sblmnya. Tapi hal ini tentunya tidak menurunkan semangat Aggi, doski tetap ngegaspouullll tembang2 twee punk yang sungguh asoy tuh malem. Dan nampak pas ni ben maen sang icon sastra Unpad yang namanya Komet kegirangan pas Aggi maen. And shit men! They're such a fukken sound band like SOUND that night. Beberapa lagu yang dibawain Aggi tuh malem ada beberapa materi yang bakal dimasukin buat split sama SNK dan juga hits lama andalan kyk Tv Personality, Jerry Hates Me, College Friend, Spill My Blood. Dhan juga yang bkin seneng adalah ketika mereka bawain sebuah cover song blink 182 judulnya 'M & M's' ASLI freeeennnn ini lagu 180 derajat beda pas dibawain Aggi hahaha! And this cover is fuckin ace twee punk stuffs but Tyo should practice more for this I guess haha. Agak bete sih gw soale pas Aggi maen gak ada yang JOGEDan gt huhuhu :'(
Rega, Vokalis Aggi, By Bluradio Jtr
Wokeh akhirnya ben yang punya hajat maen, Saturday Night Karaoke. Dan nampaknya Prabu dkk gak cukup lama dalam hal nyeting alat. Juga diliat di sini ada bbrp muka AMN bercampur AMF (Anak Muda Fx) pas SNK maen #YUK. Wokeh lagu pertama nyang dimaenin yakni cover song BECR 'ECDT' dan langsung menggoyang para penonton yang udah pada berdiri kejang di depan panggung. Dan akhirnya momosingan dan sing along pun sudah tidak terhindari sodarakoeh! Ditengah set terlihat ada pembagian air kesucian (Baca : Coca Cola) yang dimana pas sekali tag namanya dimana 'Si Ganteng' dikasih buat the almighty Komet dan 'Si Bungsu' dikasih buat the great Japra #Anyeng. Highlight SNK ini bisa dibilang pas bawain lagu 'Indie Rock 101 : How To Melt A Hipster In Less Than 10 Minutes', anjay pokoknya lah gw beserta AMN+AMF lainnya udah kyk ntn Straight Answer pada pile up + sing along di atas panggung. Dan juga pada cover song 'Futari No Jitensa' yang dimana sang Japra stagedive dan mengambil alih mic full satu lagu penuh (WOY SADAR NAPE! Berasa yang punya acara lau shet dah!). Setlist yang dibawain SNK tuh malempun mix nampaknya ada hit andalan, ada juga lagu baru di album kmaren, adapun lagu baru yang dimana salah satu lagunya katanya ditulis buat sang kameramen SNK, Stdgia, haha! Dan di akhir set mereka bawain sebuah cover song dari Green Day judulnya 'J.A.R.' (Nying asli ni lagu SMP beud dah haha!). Tapi sialnya pas maenin ni lagu lensa kacamata gw lepas #NJIR jadi aja bukannya ntn malah sibuk nyariin lensa njir!
Wookeh itulah keriaan yang kami laporkan dari kampus Nangor tercinta. Terima kasih sekali buat Bluradio Jatinangor yang udah ngebantu banget acara ini berjalan, lalu para AMN dan juga AMF (Njing istilah baru toeh!), trus para band yang udah maen dari Nangor, Bandung, dan juga yang udah jauh2 dateng dari Jakarta : The Verlived Orchestra, Torpedoest, Uncanny, The Spikeweed, sama Aggi. Wokeh dan sukses selalu buat SNK dan mudah2an gaji kita semua naik AMIN! #Naon

Foto Pile Up Pas Indie Rock 101 By Rame2x


No comments: