Saturday, January 2, 2016

Kisaran Pendengaran Rizkan 2015


Wokeh karena kita merupakan media yang breakthrough dan juga media terdepan dalam inovasi, maka dengan ini kita membuat sebuah artikel klise yang dimana jadi kebiasaan juga bagi tiap media buat ngelist album kaleidoskop taunan mereka #Adaaa. Jadi yasudahlah bisa karena itung2 masing bisa posting juga sukur, kita langsung ngelist pendengaran dari admin yang ngeposting webzine ini yakni yaitu bapak Rizkan Al Maududy epribadeh! (Wih situ oke mas Rizkan?)
Jadi bukan napa2 sik dikarenakan list ini memang personal dan juga sangat subjektif, maka yang ada di list ini beda di taon lalu soalnya emang si Rizkan ini udah jarang dengerin rilisan HC/Punk/Metal, jadi yang ada di ni list mostly adalah rilisan dari kisaran pop punk, orgcore, folk punk, indie punk, dan sejawatnya (DUH!).
Oke langsung bae kita mulai bapak ibu sekalian.

All Dogs 'Kick Out Everyday' Full Length, Salinas Records
List pertama kita mulai dari sebuah band powerpop asal Ohio, All Dogs! Sebenernya si All Dogs ini udah jadi pembicaraan semenjak ni full length dirilis sama Salinas Records kmaren. Kalo bisa dibilang insya Allah album ini saya bila sangat berhasil bikin saya ngablu men! Mungkin tahun ini, 'Kick Out Everyday' merupakan album powerpop terbaik taun ini klo boleh ane bilang

Martha 'Courting Strong' Full Length, Fortuna Pop/Salinas Records
Rasanya emang gak berlebihan kalo nyebutin full length Martha 'Courting Strong' di dalam list taunan ane. Damn! Udah 3 bulan lebih ni album gak pernah pindah dari mp3 player gw haha! Bisa dibilang kalo 'Courting Strong' ini merupakan sebuah fusing yang perfect antara indiepop dan pop punk. Di album ini Martha banyak berbicara tentang Anarchy, Veganisme, dan Irn Bru, they're a damn good pop band but in not that 'pop' attitude. BTW nantikan full length ini akan dirilis dalam bentuk tape oleh Rizkan Records #DihPromosi #Bangsat.

Personal Best 'Arnos Vale' Full Length, Specialist Subject Records
Personal Best merupakan sebuah band yang gak sengaja ane temuin dari playlistnya Laura Ankles (Colour Me Wednesday, Block Fort, Revello), dan emang jodoh waktu pas dengerin full length terkini doski, Arnos Vale, yang dirilis oleh Specialist Subject Records. Berbeda dari EP sebelomnya 'Arnos Vale' ini nampaknya si Personal Best ini lebih berani dan juga straight to the point dalam penulisan liriknya. Kalo dengerin karakter vokalnya ane jadi keingetin suaranya Dolores The Cranberries dah haha tapi terlepas dari itu Personal Best akan menyuguhkan kepada sensasi 90's indie rock sound yang sangat kickin ass. Oh ya mereka juga sempet tur juga lho ama Lemuria kmrn dan cuma di sono doang yang bisa bgono yang disini mah melongo bae tau doang! OKE BYE!

High Dive 'New Teeth' Full Length, Salinas Records
Jujur sih ane mulai perhatian am High Dive semenjak self titled EP doski yang dirilis dan juga dimana di sokin si Ginger Aford mulai masuk tim inti. Terlepas dari sebuah label sebagai band 'Bloomington All Stars', bisa dibilang full length doski yang judulnya 'New Teeth' ini sebagai pembuktian kalo mereka lebih dari sebuah band isinya All Star smua. Album ini bisa ane bilang terasa sangat personal juga political terkait karena mereka merupakan band queer juga sih juga dari songwiring atopun komposisi lagunya yang sangat support satu sama lain. Oh iya mereka juga sebelomnya tur lho sama Dan Adriano, Jeff Rossenstock, dan Spraynard, dan itu bisa banget dijadiin jaminan sih hehe :D

Jeff Rossenstock 'We Cool?' Full Length, SideOneDummy/Quote Unquote Records
Walopun Bomb! The Music Industry udah bubar, otak gokilnya dan jantungnya klo ane boleh pendapat sih tetep ada di Jeff Rossenstock. Kalo ngomongin Jeff Rossenstock udah gak pernah salah men! Bisa dibilang doski merupakan salah satu musisi jenius yang that pop punk/orgcore/indie scene ever existed. Full length doski 'We Cool?' masih berdosiskan aransemen yang ribet bin rame yang dijamin kalo anda setel di stereo kantor akan membuat kerabat kantor anda kesel am anda insya Allah!

Saturday Night Karaoke 'Slurp!' Full Length, SP/Rizkan Records
2015 itu tahun yang keren karena Saturday Night Karaoke aktif lagi frenkooh! Selain reunian, mereka juga merilis sebuah comeback full length yang judulnya 'Slurp!'. Ni full length kita co-release bareng sama SP Records Jepang. Kalo secara musikalitas nampaknya SNK gak pernah mengecewakan saya. They definitely bringin back the fun vibe of pop punk! BTW kalo akooh boleh komen materi di split bareng Aggi pun sangat oke, bisa dibilang sedikit ngambil songwriting gaya Bill Stevenson lah but they're still totally good and anthemic for sure!

Much 'The Closest Thing I Can Relate To' EP, Haum Records
Dan akhirnya ada juga band lokal maenin indie punk co! Dan Much adalah jawabannya. Adalah cukup beruntung juga kita sempet ntn doski pas di gig we.hum kmaren aslik! They're totally blast the shit off ampe pada mosing pas nongton doski jugak. Dan gak heran juga sih kalo EP doski kmaren lumayan dapet spotlight dari para nitizen indie #Sedap. BTW for the fan of Cayetana, All Dogs, ampe Lemuria, ini band lokal yang tepat untuk anda dengarkan aslik!

Eleventwelfth 'Later On' Single, Self-Released
Sebenernya beruntung juga kita idup di Indonesah eneh walopun emang rada sucks jg si negaranya tapi soal entertainment emang paling keren juga di sini fren. Buktinya kalo banyak band yang fresh juga di mari, salah satunya adalah Eleventwelfth. Anjer ini aslik ini band pas dengerin single nya yang dikasih tauk am Tomo kmaren via bandcampnya langsung mindblowing gt #Sedap. Pokoke buat yang doyan band2 punk pundung kayak Dowsing, Free Throw, Warm Thoughts, ampe The Weakerthans, insya Allah anda akan doyan band ini.

The Max Levine Ensamble 'Backlash Baby' Full Length, Rumbletowne/Lame-O/Broken World Media Records
Sekali lagi taun 2015 itu taun berkah soalnya selaen pop punk rame lagi adalah The Max Levine Ensamble bikin album lagi sodarakuh! 'Backlash Baby' adalah full length yang pertama doski semenjak ni band rada bubar dikit selama 7 taonan. Materinya buat 'Backlash Baby' sendiri sangat fresh apalagi ini full length pertama semenjak si David Combs berenti aktif sebagai moniker folk doski, Spoonboy. Musiknya sendiri masih energetic sih dan juga lirik yang cukup politis yang ngerepresentasiin attitude doski sebagai band yang bisa dibilang political.

Dogs On Acid Self-Titled Full Length, Jade Tree Records
Mungkin ni band terdengar baru buat anda, tetapi tunggu dulu ternyata si Dogs On Acid ini merupakan band pecahan dari band2 emo yang cukup familiar di telinga anda atau di komplekan anda #adaaa. Jadi band ini merupakan sebuah band pecahan dari Peter Helmis, Joe Reinhart yang seblmnya maen di Algernon Cadwallader, Nick Tazza dari Ape Up!, sama Nate Dionne dari Snowing. Ane awalnya mengira sound mereka bakalan twinkle daddy, tetapi kita salah they're playing a sloppy indie rock stuff ternyata! Full length yang kmaren dirilis am Jade Tree gw bilang sih cukup definitif untuk mengukuhkan kalo doski sebagai label pop punk/emo keren. FTFO Weezer ato Better Than Ezra ato lagi Ozma, ini band saya sangad rekomendasikan! Udah 2 bulanan kga gw ganti dari playlist mp3 ni album aslik!

Cayetana 'Nervous Like Me' Full Length, Tiny Engines
Walopun Lemuria lagi ngebuat album terbaru doi, tetapi kita gak boleh menunggu pasif begitu saja dan viola! Cayetana muncul di pendengaran saya di tengah2 taun 2015. Full length doski 'Nervous Like Me' merupakan full length indie punk yang sangad madep di taon 2015. Dari melodi vokal yang cukup asoy dan juga penulisan lirik yang baper parah membuat full length ini tidak absen dari playlist saya selama 3 bulanan lebih. Cayetana! Untuk pendamping playlist dikala sedih dan senang #ANJER. BTW denger gosip klo neks full length doski diproduserin am Laura Jean Grace n single doi ntar bakal dirilis sama Asianman lhooo...

Iron Chic 'Constant One' Full Length, Bridge 9 Records
Udah gak bisa boong lagi sih kalo Iron Chic merupakan band orgcore top 1 ane. Walopun di album 'Not Like This' bisa dibilang doski udah ngebawain sound yang definitif buat yang bisa dibilang 'Long Island Sound', nah di album 'Constant One' ini doski bisa dibilang menyempurnakan dari album sebelumnya entah itu dari melodi sing alongnya atopun arsitektur soundnya yang dimana kalo didenger2 lagi si malah sound gitarnya si bang Phill lebih ngawang sih dibanding album sblmnya yang kedengeran pang rok banget. Buat yang awam, sound doski itu bisa diibaratin kayak dengerin Letterman versi Oi.

Toby Foster 'On Moving Standing Still' Full Length, Self Released
Taun ini, mungkin saya bisa bilang full length nya Toby Foster merupakan rilisan folk punk terbaik yang pernah ane dengerin. Sebenernya salah juga sih doski bikin full length nya pas Plan-It-X udah bubar tapi yasudahlah kalo keren mah keren aja sih. BTW walopun untuk saat ini doski berenti bermain sebagai solois soalnya mungkin udah lebih sering aktif di band doski, High Dive, tetapi ini full length wajib anda dengar karena secara lirik yang juga dapet bapernya suara ama teknik picking guitarnya juga keren sih.

Garrett Walters 'I Call My Younger Sister Twice A Day' Full Length, Plan-It-X Records
Selain Toby Foster, full length dari Garrett Walters 'I Call My Younger Sister Twice A Day' merupakan barang bagus dari 2015 (Buset ini grammarnya kyk engkoh2 matrial!). Dari segi lirik juga ini full length madep banget sih ngebicarain tentang gender sampe curhatan personal. Bisa dibilang klo si Garrett Walters ini merupakan Alanis versi queer sih klo gw boleh bilang.

Block Fort 'Fine City Fuck Ups' EP, Self-Released
Satu lagi full length dari Inggris yang dimana ini merupakan sebuah band dari si Laura Ankles sebelom gabung ama Colour Me Wednesday, Block Fort! Block Fort ini merupakan band indiepunk asal Norwich yang kalo bisa digambarin di EP ini soundnya kyk dengerin sound2 Lemuria dengan penulisan lirik kyk RVIVR. Recomended pisan dah buat yang doyan2an am indie punk2 gt. BTW nanti EP ini bakal juga dirilis Rizkan Records lho! #CiyeGt

No comments: