Friday, July 29, 2016

Kuro!, Jakarta's Melodic Hardcore Superhero Is Back!

Yang Pojok Kanan Ganteng Udah!
Secara personal perkenalan saya dengan Kuro! sebenernya adalah via kompilasi My Own Deck yang berjudul 'Bad Tunes And Some Ordinary Things' yang dimana di dalamnya memuat beberapa kontaminasi band2 melodic hardcore Jakarta-Bandung secara mayoritas dan ada band purwokerto kalo gak salah juga dan juga beberapa omongan dari temen LIA saya ketika menyentuh omongan beberapa aksi melodic harcore AKA melodic punk yang dikenal di masanya seperti No Label, Speak Up, dan lain lain.
Ngomongin Kuro! juga secara personal sebenernya kayak mengingat sebuah selebrasi scene melodic punk yang berkembang sangat subur di awal 2000-an. Mungkin ada yang beberapa sadar bahwa Kuro! ini merupakan salah satu roster label melodic hardcore yang cukup besar asal Bogor bernama Simpletone Melodies yang dimana sebelumnya label ini telah menjadi pijakan beberapa band2 melodic hardcore lokal sekaliber Speak Up, Konflik, Stupidity, Mary Ann, dan lain sebagainya.
Menarik benang merah secara musikalitas, Kuro! sebenernya bisa dilihat sih walopun secara saya pribadi cukup appropriate dengan melabelkan band ini melodic hardcore. Kenapa?? Saya secara personal setuju dengan opini dari Fat Mike sendiri yang diambil dari sebuah interview bahwa apa yang mereka mainkan selama ini adalah hardcore punk dengan menaruh melodi di dalamnya. Saya tidak mengatakan kalo mereka merupakan band2 yang sangat fat wreck banget dan malah sound mereka jauh dari band fat wreck sih kalo menurut saya haha.. Ada beberapa spekulasi dari temen sendiri sih dulu kalo nih band Rufio banget soundnya dengan habitual band ini yang suka cover lagu Rufio dulu waktu maen di gig tapi menurut saya sih they already put out their own sound with the signatures sih dengan berpijak dari 2 album awal Friends Forever dan album fenomenal Ever Before.
Dan sebenernya agak mengejutkan si sebenernya kmrn dapet kirimin press rilis kalo ni band making return dengan line up band di dalamnya yang sangat baru. Let say di sini yang tersisa dari line up 2000an awal adalah Teddy yang dimana doski emang udah ada dari band ni kebuat si dengan beberapa bantuan temen2 dari Putra am Gegy yang maen di ALE dan juga Take dan Deni di posisi drum yang juga bermain di Tripwire. Dan tertera di milis doski kmrn sih katanya emang mw ngegarap single dan video klip baru. Yak okeh meanwhile kalo yg mw nostalgiaan silahkan tuh bandcamp dari album2nya ada di bawah semua. Enjoy!


Sites : 
Bandcamp - https://kuropunk.bandcamp.com/
Facebook Page - https://www.facebook.com/KURO-96350706079/

No comments: