Halaman Terpenting!!!


Tuesday, April 10, 2012

Sensus Netlabel Lokal 2012



Wokeh sebelumnya, saya ucapkan terima kasih dan salam sayang bagi para pemirsa semua yang telah membaca tulisan ini. Mudah-mudahan rejeki anda lancar (AMIN!). Mudah-mudahan karir anda lancar (AMIN!). Mudah-mudahan jodohnyapun nempel (AMIN!).

Sip setelah basa basi ala Zainudin MZ-nya mari kita kembali ke inti dari tulisan ini (ANJIS! Basa basi satu paragraf masa) yaitu SENSUS NETLABEL INDONESIA DI TAHUN 2012! Seiring dengan perkembangan netlabel di tahun-tahun sebelumnya yang dimana ditandai oleh banyaknya antusiasme dan publikasi tentang netlabel beserta isu free culturenya (Creative Commons) oleh media-media lokal. Dan tampaknya misi netlabel se-Indonesia telah selangkah berhasil. Kenapa? Pasalnya (Woelah bahasanyee) tahun 2012 ini merupakan tahun dimana suburnya pertumbuhan netlabel-netlabel baru di Indonesia dengan beragam genre dan beragam logo (YE KALI! Moso logo mau disamain Nge!). Wokeh kita langsung mulai saja sensusnya oke oke...

1. KANAL 30 Netlabel (http://kanal30.net/)


Wokeh kalo anda merupakan pendengar setia sonora eh salah KANALTIGAPULUH online radio asal Malang, mungkin nih nama udah tidak asing di kuping anda! Secara namanya nyenggol-nyenggol yekan... Kalo diterawang-terawang sih nih netlabel kayaknya netlabel bebas genre. Jadi istilahnye mah seumanye masuk gitu... Mungkin kalo ada biduan Dangdut mau dirilis di sini yo mareeee langsung aje ke webnya di http://kanal30.net/





2. Lemari Kota Records (http://lemarikota.blogspot.com/p/lemari-kota-records.html)


Nah ini dia... Akhirnya Depokpun punya netlabel! Yang punya kebetulan pengelola webzine lokal Lemari Kota yaitu Alfian A Putra! Netlabel ini bilang kalau akan berspesialisasi di genre musik punk. Secara gitu Depok preng! Daridulu mah di Depok mah selalu jadi "exportir" band-band kalo kaga Hardcore, Indiepop gitu. Nah di netlabel ini bisa juga dah dilihat rilisan-rilisan  band-band hace asal Depok dan sekitarnya. AJIB!

3. Experia Netlabel (http://experialabel.wordpress.com/)


Akhirnya setelah kenonaktifan Invasi Records, kini Bandung memiliki kembali netlabel lokal yang dapat dijadikan tumpuan yaitu Experia Netlabel! Didirikan oleh Archie Anugrah, katanya doi mengambil skupnya yaitu musisi-musisi etnis dan experimental lokal preng dan rilisan pertama mereka yaitu dari Artmochestra Digital Ethnic, pokoke lau-lau yang doyan musik-musik eksperimental sampe ethnic ato world music pasti nih netlabel bakal lau bookmark #sotoy.





4. Death Tiwikrama (http://deathtiwikrama.tumblr.com)

Nah ini dia nih! Sebuah label yang bangkit dari kubur! wahahahaha #KetawaJin. Dengan konsep netlabel sekarang Death Tiwikrama siap untuk menggosok kuping-kuping lau biar makin budek hahahaha... Dua rilisan pembunuh #KillerMaksudnye :p yang udah dirilis antara lain rilisan Khurusetra dan Sangsaka Worship. Kemungkinan juga para artis noise/experimental berbakat lainnya akan dirilis di sini. Jadi gak sabar pengen dibudekin lagi nih hahaha...






5. Pati Rasa Records (http://patirasarecords.blogspot.com/)

Setelah tadi dari Bandung, Depok, dan Jakarta. NIAH ini dia nih salah satu harapan masa depan netlabel lokal yang datang dari Jogja, Pati Rasa Records! Kebetulan yang punya si Mandra Asangata. Rilisannyapun sudah lumayan banyak dan muacem-muacem dari drone sampe HC metalpun ada! Rasanyapun mirip gudeg ada asin, pedes, ampe manis #GakNyambungMas. Pokoknya si Pati Rasa Records ini berfokuskan untuk merilis musik yang macem-macem (Itu berarti tidak memfokus diri namanya goblok!), seperti pada page-nya yang menggambarkan Pati Rasa Records "Records Records-an. Focusing on nothing".



6. Megavoid (http://megavoid.net/recs.html)

Wah kalo ini netlabel yang dimotori oleh mas Yuda Wahyu AKA Cecek Pawon yang kalo nda salah dulu salah satu motor dari netlabel metal, Reload Your Stereo, CMIIW. Nah khusus yang ini tampaknya netlabel ini berfokus untuk merilis ulang rilisan-rilisan jadul dari band-band killer seperti Extreme Decay, Soldier Embrace, dll.







7. Soundrespect (http://soundrespect.com/)

Jogja bisa dibilang daerah yang subur untuk tumbuhnya vegetasi netlabel lokal #Woelah #Sotoy. Ini salah satunya yang kemarin baru diluncurkan, Soundrespect netlabel asal Jogja! Kebetulan pas rilis langsung ada 3 rilisan dari netlabel ini yang diluncurkan #Hore yaitu kompilasi best songs dari KePAL SPI, single dari Schizophrenia, dan E.P. dari Dream Society. Kebetulan netlabel ini berbasis bebas genre.




8. Flynt Records (http://flyntcords.tumblr.com/)

Nah ini dia netlabel baru asal Bandung lagi! Flynt Recods. Kebetulan dimiliki oleh salah satu musisi yang sering merilis karya-karyanya via pertukaran file di dunia maya, Etza Meisyara. Dari info di web sih netlabel ini baru akan launching April ini dan akan merilis musisi dari dunia eksperimental sampai elektronika. Wokeh kita tunggu aksinya aja! Sip pake telor!