Thursday, January 2, 2014

Slamet Riyadi Entertainment Corner : Aneka Ria Safari Gig Report

Bangsat! Kaga Ada Foto Footage Majang Flyer Bae lah!
 Wokeh langsung aja boouuusss.... Saya mulai gig reportnya dari debut karya asal kolektif coblon asal Jakarta, Slamet Riyadi Entertainment. Gig sendiri sebenernya dimulai pukul 08 malam dan bertempatkan di Bebop Studio, Tebet. Dan kebetulan ada 2 band asal Malay yang lagi tur dan maen di gig ini yakni yaitu Soft dan Ef'il.
Dan untungnya pada tanggal 23 Desember taun lalu saya bangun telat dan tak terasa udah ada 3 sms dari Ambon yang bilang kalo orang2 dari Malaysia ini dateng lebih awal #MasyaAllahAdyth eh #MasyaAllahRizkan. Wokeh berbekalkan ilmu mandi wajib cepat #Et #Bocor, sayapun dengan kilat berbenah diri sambil mengemasi amunisi lapakan buat gig entar. Sampai di airport jam 3 sore di sana, rombongan ternyata telat datang (Hampoooon dah bos!). Di sana saya bertemu Ambon dan baru bertolak dari bandara pukul 5 sore. Diiringi kemacetan ibukota, kamipun langsung bertolak ke venue dan sampe di studio bebop pukul 7 malam.
Karena urusan "teknis" (Baca : Nunggu yang nonton dateng) maka acarapun kami mulai. Rombongan Soft-Ef'il pun telah menggelar lapakan mereka di dalam studio dan tidak kalah lapakan dari StoneAge Records Distro yang kece itu juga sudah terhampar di dalam studio. Lalu kocokan band pertama main dimulai dari What The Sparrow Did To You. Aksi emo twinkle daddy asal Depok inipun pada pukul 9 pas langsung menghantarkan suasana yang hangat di dalam gig Aneka Ria Safari dengan tembang2 galau tapi sok2 an dibawa cerianya. Di tengah set nampak Abi, yang konon katanya baru belajar maen bas pas ngeband di What The Sparrow Did To You, menanggalkan instrumennya sambil berteriak seperti seorang nerd yang abis diputusin ama cewek idamannya dan langsung epilepsi. Dan setelah set itupun nampaknya si Abi ini bass nya bermasalah dengan strapnya yang dipasang copot mulu (Orang mah masalah di kabel, ato epek gt kek, ini bermasalah dengan strap! BUSYENG DAH!).
Band selanjutnya yang bermain setelah What The Sparrow Did To You adalah Ef'il asal Malaysia. Kuartet asal Ipoh ini bermain dengan set lagu yang cukup panjang pada malam itu dan kalo diitung2 ampir 45 menitan lah mereka pada malam itu menyajikan kepada para penonton alunan post rock/screamo ala Heavens In Her Arms. Usai Ef'il, kini saatnya musisi elektro asal Pondok Pinang, Sawi Lieu, mulai me-setup instrumennya. Oh iyak dalam kesempatan kali ini, Sawi Lieu, juga bertindak sebagai suporter dan lawan split Soft dalam beneficial tape tour yang dibuat oleh Rizkan Records. Lampu studiopun dimatikan dan yang dinyalakan hanya lampu belajar. Tampak si Sawi kyk anak SMA lagi belajar yang besoknya mw UN -_- Dan Sawi tampil secara memukai dengan safari irama elektro yang dibalut dengan kolase-kolase suara analog berdurasi 30 menitan yang niscahya mantep kalo dipake buat scoring pelem Ada Apa Dengan Cinta (Piss Wi becanda doang sih!).
Lanjut setelah penonton dibuai menggelinjang oleh sensasi elektronik dari Sawi Lieu, Clatter pun bergegas menyiapkan set mereka karena acarapun sudah semakin larut dan takut kalo ntar dimarahin+"dipalak" ama yang punya studio haha! Clatterpun bermain dengan sangat rapi dan nyaris tanpa gores di malam. Walopun kata si Yudis sendiri agak acak2an malem itu tapiiii ya kaya gitu aja acak2an gimana rapinye om! Shet daaaahhh! Oh iyak udah lama gak ketemu si Putra juga jadi makin gendut kemaren liat pas di gig haha! 30 menit Clatter membuai manusia seisi studio dengan sensasi indie rock ala Sonic Youth.
Dan performer yang menutup gig Aneka Ria Safari kali ini adalah Soft, kolektif noise pop asal Ipoh. Walaupun cukup lama menyeting alat karena bermasalah di ranah filter mic, Soft-pun tidak kehilangan energinya dalam menggoyang isi studio dengan set performance yang cukup noisy malam itu. Selesai dibuai tembang dari Soft yang gloomy nan noisy itu, akhirnya gig Aneka Ria Safari berakhir sudah!
Selesai gig nampaknya bergegas rombongan Soft+Ef'il harus berbondong2 ke tempat persinggahan karena esok siang mereka harus bergegas ke Depok untuk bermain di sebuah studio gig lagi. Saya, Agus, Mono dan semua yang bertindak berlaku sebagai panitia gig ini mengucapkan terima kasih untuk semua teman yang sudi mw maen di acara kacrut ini dan juga semua orang yang sudah mw dateng. Insya Allah kami akan balik lagi untuk menghabiskan dan menghambur2kan uang di gig Aneka Ria Safari #2 di bulan April nanti! Mw tau akan seperti apa? Tunggu saja kejutannya nanti! (Dih najis lo kan! Dipikir bakal kepo apah cuih!).  

No comments: