Sunday, June 15, 2014

Gig Report : Humming Mad #9 (RVIVR Jakarta Chapter Tour)

Saya tau sebenernya udah basi banget sih klo mw nulis nih gig report. Tapi biarlah kalo masih kesimpen di hardisk biologis mah kenapa tidak ye gak ye gak!(Baca : Otak). Jadi waktu itu saya berangkat dengan sebuah plan bolos dari kantor untuk the almighty RVIVR! Jadi dahulukanlah senang-senang sebelum urusan pekerjaan! #QuoteOrangPalingBener.
Dengan sebelumnya telah melakukan skill kongkalikong dengan teman satu shift juga skill terhadap koordinator akhirnya perjalanan umrah ke Rossipun berjalan lancar jaya tanpa ada miskol kantor mengganjal HAHAHAHA #KetawakSyaiton.
Sayapun bertolak pukul 5 sore dan sebuah aktualisasi yang meleset dari ekspektasi yang asalnya mw berangkat jam 4 #IniBaruOrangIndonesia, akhirnya sayapun bertolak dengan seperangkat alat lapak dan juga uang tunai di kantong buat makan nasi goreng sebelom rossi yang aduhay ngenyanginnya.
Setelah sebelumnya sempat transit dlu di SPBU terdekat karena harus menunaikan ibadah magrib biar madolnya lancar, sayapun tiba di venue pukul tujuhan dan seperti yang saya harapkan dan juga prediksi ternyata acara belum mulai dan alhamdulillah belum ujan juga soale pas sampe venue gak lama kemudian BYUR ujan tumpah dari langit ke tujuh!
Lerpe Keyeeennn!!!
Setiba di sokin, langsung gelar lapak ye kan! Dan tak lupa juga buat ngasih beberapa tape rilisan label ane yang ane sisain buat si Erica Freas hehe... Tak lama lapak digelar, ada band pertama yang maen kata di rundownnya sih band yang pertama maen tuh band yang sudah sangad sangad sangaaaad saya tunggu, LERPE! Dan apa yang dikata ketika saya masuk ternyata bukan Lerpe tapi KEMEM! NAH LHO?! Ini siapanya si Lerpe si Kemem ini? Ternyata Kemem ini memainkan aroma ska punk yang cukup meriah. YOI banget man! Ni band niad abesh ampe bawa2 yang maen trumpet pas maen. Udah kerasa kyk band kawinan deh! Ditambah dengan tata panggung yang kian warna warni! Si Kemem ini sepintas mengingatkan saya akan cerianya Less Than Jake dicampur dengan euphorianya Bomb The Music Industry! Jadi taunya si Kemem ini tuh biangnya sama yakni yaitu Gary Hostage! Setelah beberapa lagu maen, sodara lakinyapun, Lerpe, naek! Yak Lerpe di kala itu memainkan kalo tidak salah enam lagu yang dimana di dalamnya ada salah satu hits andalannya "Yang Maha Esa". Malam itu penampilan Lerpe cukup menghangatkan suasana walopun blm sampe ngancrit sih #OpoBae.
Milisi Kecoa Yang Cukup Rame Malam Itu
Ada Gw Noh Nongol Di Tengah!
Setelah nongton Lerpe dan sodara perempuannya, Kemem, sayapun harus keluar untuk ngecek lapakan (Bukan contoh pedagang yang baik karena selalu meninggalkan lapakannya -_-). Kalo gak salah setelah itu yang maen itu ada Milisi Kecoa. Yak band hardcore punk asal Bandung ini tampil dengan prima dan sayang seribu sayang cuma bisa ntn doski setengah set karena saya harus ngecek lapakan lagi -_-. Beberapa materi baru dibawakan dan terdengar di akhir set merekapun memainkan salah satu hit sepanjang masa "Ini Bukan Arab" dan terdengar smua orang nyanyi pas ni lagu dibawain hahaha. Saya kira Fukk Bar Culture dan Grave Dancers ikut maen di ni gig tapi ternyata si Fukk Bar Culture-pun kga maen kata si Kang Elgis mah soalnya besokannya pada kerja dan juga Grave Dancers gak jadi pula maen gara2 katanya drummernya juga kudu keluar kota. Sangadh disayangkan!
Sayangnya juga nampaknya karena di gig ini saya harus disibukan oleh kegiatan melapak jadi tidak semua opening act tertonton. Dan akhirnya sudah pukul jam 10 malam, yang dinanti oleh sodara-sodaripun muncul, RVIVR! Wah pas doski ntn untungnya ada si om Jimbo dan Mamat Tomat yang rela ngejaga lapakan saya (Ai lap yu pul!). Yak setelah tidak lama mempersiapkan set dan alat mereka, kuartet punk rock asal Olympia ini membuka dengan intro dari album 'The Beauty In Between' yang berjudul 'The Seam'. Beuh mandap beud iki boush! Seperti yang saya huarapkaaan... Kyk cacing belingsatan sayapun nyanyi2 belingsatan depan panggung Hahaha! Dilanjut dengan medley lagu selanjutnya, LMD.
Setelah band ini dikira ane udah bais yak yang maen taunyeh ada band yang namanya 'Punk Alay' yang dimana melakukan pembubaran panitia juga di gig ini Hahahaha! Untungnyah ini acara ampir aja diricuhin am aparat yang identik dengan warna coklat (Baca : Pigs AKA Babi) yang seperti biasa minta persenan keamanan. Tapi untungnya spik2annye si Gary ampuh jo! Jadi kyknya tuh babi dicipoain am si Gary hehehe...
Oh iyak tidak lupa acara ini juga diadakan oleh kolektif keren asal Jakarta yang namanya We.Hum Collective dengan berkolaborasi dengna zine kaya asal Jakarta namanya Primitif Zine (Kenapa kaya? Abis ni zine gratis mlu bray! Ghokil! MRR aja dijokul! Ngelewatin MRR ini bray!). Walopun bisa dibilang ni acara tidak terlalu ramai tapi atmosfir yang ada cukup hangatlah bisa dibilang :D Dan mudah2an karena nuombok jg tidak kapok buat acara lagi amin! 

Tor! Jangan Nengok Doang Angkatin Kaleee...
Beuh asli seketika yang saya kira kyknya yang ntn akan alem ternyata ada juga yang stage dive-an mah... Ampe cwek juga ada yang stage dive-an. Mantep2... Jadi gig ini merupakan juga penutup dari tur South Asian si RVIVR ini, dan pada malem itu mereka main sekitar 45 menitan memainkan beberapa materi di album baru seperti Spider Song dan juga hit andalan, Wrong Way One Way, yang dimana pas lagu ni maen asli berasa rame buangedh boush! Dan juga beberapa tembang lama yang sangadh jleb liriknya seperti Edge of Living, Seethin', Rain Down, dan juga Real Mean! Emang sih kalo didenger lirik2 dari kuartet punk rock ini terdengar JLEB dan nge-feels abis karena emang sih dari percakapan yang ane tangkep emang ni orang2 dailynya emang terlibat aktif di gerakan aktivisme dan juga doski emang terkenal dengan message 'Gender Equality'-nya. Ya bisa dibilang political lah band ini hehe...
Oh iyak tidak lupa terima kasih untuk saudara Cakti Prawirabisahana yang telah menjepret semua putu yang ditempel di artikel ini. Silahkan kunjungin website doski di http://caktirawks.tumblr.com/

No comments: