Tuesday, September 30, 2014

Gig Report : Aneka Ria Safari #3 (Exhumation Jakarta Chapter Tour)

Akhirnya my preng setelah tidak posting tiga abad yang lalu, ada juga dorongan buat ngetak ngetik di laptop lg hahay! Yak kali ini ane mulai dengan sebuah gig report dari kolektif paling keren satu ibukota, Slamet Riyadi Entertainment! Dan kali ini kami berkesempatan untuk mengadakan sebuah perhelatan lg yang berjudul "Aneka Ria Safari #3" yang demanah bertepatan dengan rangkaian tur Death Metal Hordes asal Jogja, Exhumation AARRRGGGGGHHHHHHH!!! (Emang harus gitu men klo nyebutin band death metal kta mz Cis dr Mancing Mania Crew).
Yak jadi di sini itu gig yang dimana ada kolaborasi antara we.hum collective bersama Slamet Riyadi Entertainment HAHAHA #KetawaSetan. Jadi di malam Situ Gintung Death Ritual tanggal 17 September itu diundang band2 saik yang maen untuk rangkaian gig tur tersebut. Di antaranya ada Hell On Fire, Ensena, Hellowar #AYE, suasanasabtupagi, Thunder Sanchez, Exhumation, dan Warmouth yang dimana menjadi pendamping Exhumation untuk chapter Jakarta-Bandung.
Jadi gig itu diadakan di daerah Ciputat tepatnya daerah Situ Gintung di Radiant Studio. Gignya dimulai cukup ngaret alhamdulillah... (Namanya juga gig punk mz, gag ngepunk klo gak ngaret #OpoBae). Tapi satu yang bikin saya salut yaitu ada penontonnya yang kga ngaret, YAK MZ PEAN KAGA NGARET DATENGNYA! KACAU MEN DARI BEKASI ENTU! Salut satu kata buat Mz Yung Pean modah-modahan di periode depan dapat dicalonkan menjadi ketua Mancing Maniac Crew! Dicatet ya Mz cis! Okeh setalah merch table dan juga lapakan telah digelar langsung saja acara dibuka oleh aksi Grindingviolence brutal dari Jogja, WARMOUTH! Wah ini men caur beud! Walaupun maen di rundown band paling awal, tapi band ini tidak segan-segan dalam memuntahkan amukan grindingviolence-nya tanpa ampun dan juga intense dengan durasi lagu yang tidak begitu panjang. Dari sisi soundpun memang band ini sudah seharusnya cukup diperhitungkan! Sontak sepanjang set para Mancing Maniac yang ada di depan langsung headbang epilepsi ibarat kerasukan ayam tetelo MANTAP PAK DODO! Pokoke sangat ditunggu split nya dengan Cloudburst!
Warmouth in eksyen
Setelah dibuka oleh Warmouth, kini saatnya next band yang sangetbanget keren, suasanasabtupagi! Yak jadi awalnya sih saya kira ini band temennya Toro eh taunya band2 doski juga! CAPEK DEH! Yak ini band future garage yang artsy banget dan saya jamin klo doyan dan into indie2an pasti klop banget ama band ini! Apalagi ini bandnya Toro men! Yak suasanasabtupagi bermain membawakan lantunan garage pop yang asoy di malam itu. Gila men ini band klo dibilang berani mah berani banget men! Bayangin aje tuh malem yang maen ben metal semua coy! Ckckckck... Ditunggu rilisannya di masa depan nanti tor! (Baek kan gw tor udh nulis band lo keren2 gt review nye di webzine gw).
The Almighty Hellowar!
Setelah suasanasabtupagi maen, kini saatnya untuk Hellowar yang dimana bangkit dari kubur! (WIH NGERAY AMAT BANGKIT DARI KUBUR BRAY!). Yak kultus dark crust asal Jakarta ini, baru saja reunian dengan formasi yang baru tentunya. Di antaranya adalah Ari Djabrantas di departemen vokal, lalu Dimendia Dharmawan di departemen Lead Guitar, dan juga 3 personil asli dari Hellowar Arif, Reza, dan juga Ega. Sangat senang dan tidak percaya awalnya kalo Hellowar bisa maen di acara bacul ini haha! Tapi yasudahlah ini emang rejeki kali yak! Di malam itu ritual Dark Crust asal Jakarta ini membawakan lagu2 yang ada di rilisan trakhir cd mereka "On The March To The Final Doom". Yang kangen udha lama gak ntn ini band pun langsung ber-headbang pas doski maen. Termasuk di antaranya Mancing Maniac Crew (Ini mah udh ga usah ikut itungan harusnya wong kesurupan ayam tetelo ye gak!). Tapi satu yang kurang sebenernya pas doski maen tuh, lagu "Punx Cinta Damai" gak dibawain broh duh! Padahal mantep bner tuh lagu!
Exhumation AAARRRGGGHHH!!!
Setelah diberangus dengan penampilan Hellowar yang brutal malam itu, acara dilanjutkan dengan penampilan dari highlight band dari gig ini yaitu EXHUMATION AAAAAARRRRGGGGHHHHHH!!!! (Jgn lupa kudu bgono preng klo nyebutin Exhumation suruh mz Cis). Yak dalam tur ini Exhumation tampil sangat maksimal dan menghajar setlist di gig malam itu dengan beberapa tembang dari "Hymn To Your God" dan juga banyak di antaranya materi dari album baru "Opus Death". Beuh entu langsung satu studio hedbeng semua maaannn!!! BRVTAL sekali masbroh! pokoknya ati2 aja ntar ktemu kvntilanakpas balik man! Setelah Exhumation tampil, set dilanjutkan dengan trio Punk N Roll paling mantap satu ibukota, Hell on Fire! Yak walaupun mata dari gitarisnya udah susah melek hahay! Tapi tetap saja trio Punk N Roll ini memberikan penampilan paling Rock N Roll malam itu. Salah satu setnya mereka meng-kover lagu Motorhead paling sejagad "Ace of Spades"!
Liar beud neh Hell On Fire!
Setelah Hell On Fire main, dilanjutkan dengan yang sangat hot sekali asal kota kembang, Thunder Sanchez! Wih aslay preng ini band goks banget materi-materinya yak! Denger2 sih doski akan dirilis materinya sama Dermaga Records dalam bentuk CD ntar... Trio Fuzz Rock ini walaupun tampil sedikit larut, tetapi tidka menjadikan mereka sedikit longgar bermain. Ditambah dengan aksi liar gitaris mereka, Oi, yang ampun coy! Tuh gitar bisa ampe di bawah selangkangan hahay! Pokoknya untuk yang doyan Butthole Surfers ampe Mudhoney, silahkan tunggu debut album mereka! Dan malam itu akhirnya gig ditutup dengan penampilan dari ENSENA! AH YEAH! Akhirnya kesampean jg men ntn ni band live hahay! Yak nampaknya si Ensena ini cukup cocok menutup gig ini dengan alunan Crust yang dipadu dengan sentuhan Post Rock! Di set mereka malam itu membawa sebuah additional untuk bermain perkusi. MANTAP PAK DODO! Malam itu mereka membawakan 4 lagu yang dimana berdurasi 30 menitan! Gila men atu lagu bisa ampe 10 menit!
Randy dr Ensena Nu Paling Gaya Pokokna Mah!
Dan di set mereka terdengar seperti di lagu awal merupakan lagu yang dimana terdengar seperti membangun ke momentum puncak lalu di lagu ke 2 terdengar seperti momentum puncak dari set mereka yang dimana di set tersebut lagunya digeber dengan ketukan Crust trus aja kesurupan ayam tetelo lg dah tuh Mancing Mania Crew. Dan di lagu ketiga yang dimana terdapat di dalam album perdana mereka yang berjudul "Samsara" yang menutup epiknya gig malam tersebut.
Yak kami dari pihak Slamet Riyadi Entertainment (Kami yak! Kyk banyak banget aja gt padahal gw am agus doang haha!) ingin berterima kasih kepada we.hum collective karena sudah mw berkolaborasi untuk gig ini, juga beberapa teman seperti Wastedrockers yang udah mw bantuin publikasi acara ini, rombongan Exhumation dan juga rombongan Warmouth yang udah mw dibuatin acaranya am kita hahay! semua band yang main, Putra dari Rise & Grind Recs yang udah mw bantuin jaga tiket, semua yang beli tiket di gig ini, dan tidak lupa juga MANCING MANIA CREW AAARRRRGGGHHHHH THOU WHO BLESSED THE CVLT OF SITU GINTUNG SHALL RECEIEVE A LIGHTNING BOLT ATTAK OF MZ BUD!!! BTW ini gig direkam live lho dan rencananya mw dibikin tapenya. Jadi tunggu aja rilisnya yak.

AAARRRGGGHHH!!! The Priest of Mancing Maniac for SITV GINTVNG RITVAL!

No comments: