Halaman Terpenting!!!


Thursday, February 12, 2015

Peace Or Annihilation, Jakarta Ultimo Classic D-Beat Assault

Kalo ngomongin D-Beat scene di Jakarta yang di benak ane sih gak pernah lepas ama yang namanya band Peace Or Annihilation. Dan kalo untuk skala nasional sih preng udah jangan dikata dah nih band apalagi yang into D-Beat/Crust dan orang indonesia kaga kenal Peace Or Annihilation maka musrik D-Beat wahailah engkau fren! #OpoBae. Sebenernya agak lucu juga ane tau Peace Or Annihilation dan kalo mungkin beberapa temen ane yang pas ditanya kebanyakan taunye dari kompilasi2 ato split2 band2 luar bangsa Warvictim, Besthoven, ato Kruel tapi kalo ane sih dlu sebenernya dikasih tau nih band dari tmen SMA ane yang namanya Acong. Dan jadi waktu entu sebenernya lagi mw into punk rock-street punk things gt band gw yang namanya Radio Hey Ho! (NAH! Ketauan kan sekarang ngambil nama ni webzine dari mana HAHAHA!) Jadi mulailah denger2 band2 bangsa2 Anti Flag ampe The Casualties nah di sisipan folder band lokal ada band2 bangsa Sexy Pig, Street Voices, daaaaannnn PEACE OR ANNIHILATION!
Nah dari situ lah saya mulai tau baru nama band Peace Or Annihilation dan waktu itu belom jg nyadar dari yang namanya subgenre Disbeat.
Jadi disambung beberapa saat setelah itu temen komplekan saya yang namanya Maxel mulai ngomong yang namanya D-Beat dan bilang kalo D-Beat itu musik2nya kaya yang dibawain ama Peace Or Annihilation! Nah dari situ mungkin saya mulai tau Discharge dan Peace Or Annihilation (Ini artikel gimana yak orang mah nulis tentang POAnya ini malah nyeritain tentang kisah idup lo kaaaannn... Kerasa kelewat penting kali ye kisah idup lo kan #YUK). Kebetulan saya termasuk kolektor telat dari band keren ini dan kebetulan juga sekali koleksian pertama saya adalah split tape mereka dengan Crust cvlt asal Tangerang, Hellowar! Dan emang bener itu split handal punya preng dari packaging ampe dalemannyeh. Dan akhirnya saya pun mulai cuma bisa nyesel dalem ati kalo last copy dari demo tape mereka "Horrific Disturbing Visions of War" dikasih ke temen bule gw, si Eagle, via bassist mereka sendiri, Bang Ari Djabrantas. Ck... Sial emang penyesalan selalu datang terakhir preng!
Cukup beruntung juga sebenernya saya sebagai fans di Indonesia akhirnya bisa menikmati beberapa dari diskografi mereka via beberapa link donlotan yang juga pernah diposting di salah satu blog arsip hardcore punk Indonesia tempo hari, Kat Uam Id Ruta (Walopun kaga bisa dimiliki secara fisik ya preng... Kemaren ngecek cdnya bae udah ngelambung tinggi harganya preng ck emang penyesalan datang terakhir preng! #DuaKaliAja). Dan cukup seneng juga ternyata album Fear Control am Skull Fucking Armageddon, yang pernah dirilis am label Perancis dlm format vinyl oleh Shogun Records, dipost secara onlen dan gretong di akun bandcamp mereka.
Dan kalo diliat2 orang2 yang ada di Peace Or Annihilation sendiri sebenernya orang juga udah aktip di scene punk di fase2 awal scene punk nasional itu berdiri. Ya bisa diliatlah ada Ari dr The Idiots, bang Toto dari The Germs, trus ada Bang Baskoro dengan line up drum yang diliat gonta ganti teyuz dari album ke album dari Om Andras, Roy Judas Krust ampe yang sekarang diposisiin ama bang Iing Hell On Fire.
Kalo musiknya sendiri sih sebenernya mereka ngerujuk ke arah old school D-Beat yang mungkin kalo bisa diambil distingtifnya dengan tipikal sound modern D-Beat crust sekarang yang ngarah ke band2 kyk Wolfbrigade ato Nuclear Death Teror adalah bisa saya bilang lebih tiga chord dan progressinya lebih primitif dan juga sound yang dihasilin sih lebih raw aja dibandingan dengan modern D-Beat yang soundnya lebih rapih garapannya. Mungkin bisa disandingin lah ama nama2 kyk Disclose, Framtid, Anti Cimex, Discharge ato Modern Likvidation laaahh. Itu sih kalo ane bilang hehe... Tapi dari sekian yang dibilang justru sound D-Beat yang purba itulah yang masih dipertahanin ama Peace Or Annihilation yang ngebuat point plus dari band ini. Ya you know laaaa mungkin Disbeat ni hari banyak ngefusiin dengan sound2 modern crust ampe black metal dan jarang juga band yang soundnya ngerujuk ke arah D-Beat oldschool dan juga UK-82.
Dan terakhir sih ane kmaren beli split terbaru doski ama band disbeat asal Singapur, Minus. Dan damn! keren broh materinya aslay. Jadi kepengen beli cd nya neh setelah kemaren dibuat indah galau (#OpoSeh Plesetannya Indah Kalalo gt ck!) di Grieve Records ngeliat cd doski nongol dan duid pas2an #Yah #PunkKereDasar. Wokeh mudah2an band ini bakal ngehasilin lebih ke depannya. Dan insya Allah bulan depan pengen beli baju ama cd nya preng kalo ada duid #Adaaaa.

Discography :
- Another Dis-Nightmare Still Continue, 2004, Cd-r, Self-released
- Horrific Disturbing Visions of War, 2006, Tape & CD, Self-released
- Skull Fucking Armageddon-Demolition of Raw Assault EP, 2009, Vinyl, Shogun Records
- Split with Deportation - Natural Life Are Isolated Can't Escape From Reality Of Pain / Deportation, 2010, Vinyl, RadicalHC Records
- No Tomorrow 4 Way Split with Besthoven, Kruel, Warvictims, 2010, Vinyl, Crucificados / Bombs Away
- Fear Control, 2011, Vinyl, Shogun Records
- Split with Hellowar, 2011, Tape, Alternaive Records / Full Force Hardcore Destruction
- Split with Minus, 2014, Tape & CD, Brigade Records / Broken Noise

Sites :
Facebook Page - https://www.facebook.com/pages/Peace-Or-Annihilation-POA/234159556607793
Bandcamp - http://peaceorannihilation.bandcamp.com/


No comments: