Wednesday, April 29, 2015

Gig Report : Aneka Ria Safari #4

Wokeh jadi ini tiba saatnya kalo di jurnal ini mw ngumumin kalo ini adalah gig Slamet Riyadi Entertainment terakhir dan juga seri terakhir dari gig Aneka Ria Safari. Sebenernya juga sempet gimana getoh soale ya mayan juga preng udah berjalan empat seri walopun empod2an gw am si agus jalannya inih hahaha! Yak jadi emang udah wayahe kalo kata wong mah soale sih agus juga mw melanjutkan kehidupan ke bahtera samudra rumah tangga yang sangat luas dan begitu juga saya. Ya you know lah keuangan dari kolektif gig tuh begimane preng asli kaga bisa diarepin bingits!
Move on dari cerita menyayat hatinye (ASLI MENYAYAT HATI! BERAG BANGETZ), jadi kali ini kita ada lima line up untuk mengisi gig ini berhubung atunya lagi nyangsang di pelabuhan penuh janji #Opooo. Line up tersebut adalah ada Quickbullet, ALE, Iskandar, Fuentes, dan Romain De Ferron. Kalo diliat juga sih ni lineupnya dari beragam genre dan keyakinan sih (#Opooo coba keyakinan freng!). Quickbullet maenin punk rock ala Fat Wreck, trus ada ALE yang Pizza Of Death mania dah (FTFO BBQ Chickens, am versi gelo nye Hi Standard bsa ngulik nih band aslay!), Iskandar yang maenin synth punk ala Nervous Gender ato Devo, trus ada Fuentes yang kini saya melabeli genre band ini adalah Whiplashcore #OpoooTenan #Whiplashcore, dan satu tamu asal negri perancis, Romain De Ferron, yang maenin ambience relijius yang niscahya akan membuat anda melayang2 dalam fantasi imaji (Umh bahasa lu kan korong beud korong!).
Wokeh jadi gig ini ceritanya walopun diadain waktu jumat malem tapi apa boleh dikata sepi cep ceritanya huhu! Wokeh yang pertama maen di gig ini adalah bennya Odoy yang ceritanya doski bertolaknya dari Bekasi dan sedikit deket sih am venue. Eh lupa nyebutin nama nih Quickbullet namanya haha! Sekitar 30 menitan mereka maen plus seting2 alat dan juga sebagai penampil awal doski bermain sangat enerjik nampaknya walopun bisa dikatakan audiens buat ini gig emang rada kurang sih preng :( huuffttt... Di sini doski ngebawain mostly lagu2 sendiri yang dimana sangat kentel sih dengan alunan punk rock ala Fat Wreck Chords dan di akhir performens doski ngekover sebuah lagu kebangsaan dari NOFX "Lenoleum".
Wokeh setelah perfomens tight dari Quickbullet (Aselole tight boush! Celananya ye tight?!), Iskandarpun bersiap2 untuk set selanjutnya. Jadi temanya manggung si Iskandar kali ini adalah arabian night katanya. Berhubung juga karena yang synth nya, si Agus baru aja pulang umrah (Subhanallah! Mudah2an gak pervert lg ya gus!) dan juga di set mereka menggunakan topeng doger yang insya Allah akan membuat para bocah kampung nangis kalo liat tuh topeng! Dan diliat di sini nampaknya pak Mono mengenakan outfit layaknya maling kampung ASLI! Ada 5 lagu sendiri yang doski bawain di set ini yang insya Allah akan membuat anda akan dipuaskan hasrat batiniah no wave nya. Mungkin kalo bisa dideskripsiin itu kyk ngeliat James Chance yang baru towap mengelilingi CBGB, yang dimana si Iskandar ini sangatlah liar dan juga durjana. Pokoke dianjurkan abis ntn Iskandar kudu wudhu preng asli!
Lalu setelah Iskandar maen, kini saatnya band paporit redaksiana maen #Opoooo yakni ALE. Ini nama bandnya keren sih sbnernya asli yakni A Little Enough cuma kenapa disambung jadi kyk merek minuman gt yak! -_-" Wokeh di sini doski terlihat manggung dengan formasi magrudergrind yaitu satu drum oleh putra anak pamulang dan gitar oleh sodaranya putra anak pamulang juga. Kalo bisa dideskripsiin sih set yang mereka mainkan tuh ibarat ngeliat sisi liarnya dari Hi Standard dicampur dengan fastcore edan ala BBQ Chickens. Intinya kalo anda doyan ben2 pizza of death? kudu nongton ni band. Dan di set ini mereka ngebawain 30 lagu! ANJIR gak tuh! Ben prancisnya aja cuma bawain 3 lagu! ASLAY. Tapi gak deng wong lagunya cuma 3 detikan ya 30 lagu berasa 5 menitan doang udah! (UMH SALAAAAAHHHH UDDDAAAAAAHHHHHH!!!).
Wokeh gigpun semakin larut, dan neks selanjutnya yang maen adalah Fuentes. ASLI neh udah lama bener kaga liat si Dimmy maen haha! Abisan ke gig gw cuma nongton doang lu dim! Di sini diliat setnya si Fuentes agak ribet gt ya tapi ini sangadh mencerminkan dari genre yang mereka usung yakni WHIPLASHCORE! (MAMPUS TUH APALAGI WHIPLASHCORE!). Asli mungkin apa yang gw liat Fuentes 2 taun lalu dengan yang tampil di malem entu beuh TOTALLY DIFFERENT MAN! Mungkin yang anda denger Fuentes dulu merupakan band post rock yang banyak terinfluens am band2 kyk Mogwai atopun Mono. Tapi kali ini mereka bener2 berbeda terlihat dari komposisi instrumentasi mereka yang bener2 bermain dengan tempo yang janggal dan juga progressi momentum yang dibangun sangat rapih pih pih! Belum lagi Dimmy dan bassistnye yang baru sekarang lebih bermain di chord2 yang bisa dibilang sangat math banggetz! Mungkin kasarnya kalo nonton Fuentes ini ibarat kyk Turtoise yang kebanyakan dengerin prog rock kali ye! Ini band yang bener2 rocemended asli preng! Sayangnya sih pas gw tanya kayaknya ni band blm ngerekam materi barunya huhuhu... Yowes lah Dimski burulah direkam materi barunya keleuz!
Dan yang terakhir maen yakni tamu dari gig ini, Romain De Ferron, yang udin dateng jauh2 dari Lyon ke Tebet buat maen di Aneka Ria Safari #4 (Bisa bae lu kan!). Setelah dapet info dari bang Rahar kalo doski sebelumnya emang rada gak fit, akhirnya si Romain De Ferron ini menyelesaikan last chapter dari turnya di Jakarta di gig terakhirnya Slamet Riyadi Entertainment, Aneka Ria Safari #4. Dan untung aja katanya udah diempanin tolak angin ama si Rahar tadi sebelum ke sini dan juga akhirnya gw ajak makan soto bae biar doski enakan hahaha! Di malem itu si Romain De Ferron akhirnya menutup perhelatan Aneka Ria Safari #4 dengan khidmat via sound ambience yang insya Allah akan menggugah rasa keimanan anda2. Sebenernya yang gw rasain saat itu sih mungkin sih gw personally ngerasa khidmat soalnya ini sesi terakhir dari Slamet Riyadi selama 2 taunan yang gw jalanin bareng Agus hehe... Dan dari sini sih gak cuma seneng2 aja tapi banyak yang hal2 baru yang gw jalanin bareng partner gelo gw si Agus mulai dari tiba2 nginepin yang tur di hotel amaris ampe kebingungan nyari taksi buat band yang tur haha.
Setelah dari gig ini langsung si Romain De Ferron gw anter ke bandara soale doski kudu naek pesawat yang berangkat jam 5 subuh sementara bokin doski nginep dlu di hotel depan rossi soale brangkatnya baru besok lusa. Wokeh jurnal ini juga ngenutup dari perhelatan terakhir Slamet Riyadi Entertainment. Gw am Agus minta maaf kalo emangs ada kesalahan selama bkin2 gig kmaren dan juga sampai jumpa di lain kesempatan kalo masing ada napas kitanya ye gak hehe.

1 comment:

Masmul said...

Ulasan yang apik preng, bagi link fuentes dong mw dengerin