Sunday, July 10, 2016

Just Another Personal Notes About My Own Deck

Kalo dibilang artikel yang sengaja dibuat buat publik dan dibaca orang sih sebenernya enggak banget. Kenapa?? Soalnya ya saya juga kayaknya bakalan banyak curhat personal si di artikel ini soal My Own Deck. Buat seorang yang idup di kala SMP-SMA nya taun 2000an dan mengenal plus terkena demam indie nasional di kala tersebut pasti di kamus otaknya tau siapa dan apa itu My Own Deck.
Gak bisa dipungkiri lagi sih dikarenakan di tahun tersebut emang sangat terbatas sih, baik bandwidth yang secara tidak langsung juga mempengaruhi arus informasi yang dibandingkan dengan era ini dan juga media yang ada kyk tv, radio, dsbg, peran media cetak kayak Ripple Magazine di kala itu menjadi jembatan saya mengenal label ini. Dan mungkin saya jg kala itu blm ngeh karena taunya yang keren di indie tuh Koil aja plek #DUH sampai akhirnya di Mtv Wow (Di kala itu program ini punya porsi pemutaran video klip indie jauh lebih banyak di banding program lainnya di Mtv) muterin salah satu video klip Sendal Jepit yang berjudul 'Kalah'.
Dan sayapun mengira ini band metal model2nya Guilty Parties (Maklum di kala itu emang hip metal masih rada keren dikit). Emang sih tu single dari album 'Ini Bukan Album Metal' has totally blurred me out -_- Lucunya si via Ripple Magazine pinjaman temen saya, si Bimo, AL Aka Ucay ngereview itu album dan hasil dari album tersebut emang favourable sih. Kebetulan juga itu adalah di kala lebaran di mana sesi belanja distro saya abisin dengan interest baru 'beli kaset indie!' dan bingung juga mw beli album apa da namanya jg new comer blm tau album dan band apa yang keren. Voila saya milih album Sendal Jepit yang 'Ini Bukan Album Baru' dan secara instan itu jadi katalog My Own Deck pertama saya. Skip skip sampe rumah lalu apa yang lucu di katalog My Own Deck yang pertama saya beli adalah ada liner notes dari mantan gitaris Sendal Jepit + Owner My Own Deck, Maruli Hasiholan.
Praktis sih itu jadi album pop punk kesukaan saya setelah dengerin 'Soundtrack For Your Life'-nya Rocket Rockers dengan hits unggulan 'Nina' (HAHA! NJIR Klise pisan pasti iyeu!). Ngeliat logo My Own Deck di back cover kaset tersebut 'Perasaan ini ngeliat logonya di album Buckskin Bugle jg sama Split Nudist Island, satu perusahaan'. Start from those days I was like a crazy guy doing a 'distro cassette dive' anytime I got any amount of cashes looking for My Own Deck releases! Mulai dari Buckskin Bugle sampe kompilasi 'Bad Tunes and Some Ordinary Things' yang akhirnya tu CD raib gara 'oper2an maut' tmen SMA dulu #Fukk. My Own Deck di jamannya emang gak bisa dielakan sih peranannya sebagai first pretty established pop punk label dari Bandung (Karena di Jakarta sendiri di taon tersebut udah ada Simple Tone Melodies yang ngerilis band2 kayak Kuro!, Speak Up, Unisex, ampe Konflik) dan juga beberapa rosternya di kala itu emang naik di skena indie di jamannya kyk Sendal Jepit, Buckskin Bugle, ampe Nudist Island dengan airplay di media yang cukup intens (Entah itu pemutaran video klip atopun hit single di radio).
Dan dari label ini juga bermunculan eksponen2 yang kira bisa dibilang cukup madep di era-era ke depan kayak Sendal Jepit, Nudist Island, Buckskin Bugle, Diconnected, Rocket Rockers (Awal karir doi bisa dibilang dari kompilasi 'Still Punx Still Sux'), Fudge (Band melodic hardcorenya Roma KBB), Right 88 (Yang pasti dulu blm jd metal2an), Close Head, dan banyak lagi. Dan dikarenakan popularitas dari label sendiri, inget banget dulu ada kompilasi bir namanya 'A Miller Time Live : Good Call' yang isinya rata2 band My Own Deck semua kayak Nudist Island, The Marmars, Buckskin Bugle, sampe Sendal Jepit nyumbangin track baru di kompilasi dan denger2 emang si ktanya My Own Deck nya sendiri dikasih duit sama Miller buat bikin ni kompilasi :))
Entah sampe album 'You've Heard This'-nya The Marmars dirilis, label ini tampak kayak gak menghasilkan rilisan lagi dan sempet denger kabar kalo ini label katanya vakum karena ada masalah finansial. Entah bener ato enggak sih yang pasti legacy dari My Own Deck sendiri sih gak bisa dipungkiri ampe gw bikin label aja ya karena My Own Deck alesannya :)) Dan sempet juga denger kabar dulu katanya My Own Deck sempet mw sign up beberapa roster dari pop punk synth kayak Goodboy Badminton, Pee Wee Gaskins, tapi entah apa yang terjadi dua band saya sebutin di atas pas rilis albumnya gak di bawah bendera My Own Deck juga.
Saya sih gak mw berspekulasi apa2 tentang ini semua tapi sih My Own Deck has totally ruled my youth decades! Dan sungguh sih bandcamp page yang dibuat kemaren sih bener2 langkah yang sangat brilian buat ngerekam dan ngedokumentasiin salah satu part dari pergerakan indie nasional.



2 comments:

AntiPecah Crew said...

Rlisan fisik band band dr myowndeck sudah entah kemana.. #Fakk

Pipen said...

gue kenal dulu sih awalnya dari kompilasi Bad Tunes, yg entah sampai kapan gue masih nyari dan belom dapet2 versi CD nya -_-