Wednesday, October 26, 2016

Gig Report : Invisible Youth

Yak kakak2 dan adik2 kali ini kami akan membuat sebuah gig report setelah sekian juta tahun lamanya #LebayNjir. Jadi kali ini kami akan ngebuat sebuah gig report dari gignya mas Farhan minggu kmaren di Gana Studio, Bintaro, yang namanya Invisible Youth. Dan juga yang harus dinote adalah line up dari band yang maen di ni gig adalah band yang keren di scene nya sendiri yakni ada Saturday Night Karaoke, Message From Jessica, Buddy Bully, Billy The Klits, The Spikeweed, Uncanny, Take, sm Fatrace.
Emang si pas tu malem anginnye sepoy2 adem mw ujan gimana gt tapi dasar namanya lalu lintas ibukota yang tidak terhindarkan rusuhnye mengakibatkan bandnya pada telat datengnya bin acarpun rada telat mulainya. Yasudahlah mungkin malem minggu jg pada keluar orang pada emang... Sampe di venue tim redaksi (Syeng tim redaksi! Padahal lau doangan kan!) bertemu dengan yang punya acara, Bapak Farhan, yang dimana bandnya sedang mulai latian dl di studio sblm acara mulai haha! Ini sih isitilahnya previllage buat acara studio, bisa disambil skalian latian sblm gig mulai #adaaa. Sesaat setelahnya barulah saya lihat beberapa muka familiar seperti bapak Trian dari Wezternative dan geng ramonescore asal Mampunk, The Spikeweed, pada dateng seperti Bapak Avoo yg perdana kita ngeliat setelah menikah kmrn dan juga bapak Echa yang makin tembem aje hahay ;p Oh iya jadi adalah kedua kalinya ceritanya ni band maen pasca ditinggal bassistnya yang cabut kmrn, om Noel, dan juga katanya mah rahasia siapa yang bakal ngisi maen bass #sedap (Oke ye maen rahasia2an am gw sekarang lau xp).
Walopun isitilahnya rundown sudah tercipta, tetapi takdir lain berkata #SedapPart2 yang dimana karena band yang dateng pada ngaret akhirnya rundown tampaknya diacak lagi dan pas banget karena geng Ramonescore Mumpunk yg pertama dateng jadi The Spikeweed lah yang akhir jadi maen pertama di nih gig.
Nah pas sambil2 cekson dikit, taunya yang maen bass adalah bapak Odoy dari Amukredam di ni acara #CapekDah. Jadi mungkin bapak Odoy lg mengalami transisi genre ini #Duh. Cukup fresh sih ngeliat The Spikeweed dengan penampilan barunya setelah sekian lama begitooh... Tu malem The Spikeweed tampil dgn beberapa set dari lagu di full length dan juga beberapa materi dari EP sebelomnya. Juga di sini seperti tradisi band ramonescore pada umumnya doski ngekover lagu dari mbah buyut Ramones.
Fansnya Take Perutnye Offside!
Neks setelah The Spikeweed kelar maen, neks adalah unit indie punk asal Pamulang yang baru aja kelar makan nasi goreng sebelom maen, Take (Yoi maem dl sblm manggung biar kuat!). Di sini tampak Take maen dengan line up yang sama di acara ane juga. Yang pasti gitarnya putra doang sih yang beda #adaaa soalnya kmrn doski maen make jaguar neh #SEDAAAAPPP. Yang exciting aja adalah ketika ntn ni band yang dimana livenya bersih cuy! Di setnya kali ini doski maenin materi2 yang ada di EP perdananya yang kmaren kita orang rilis. Padahal ane pengen dengerin materi barunya tuh huhu... Tapi nampaknya doski2 pada kurang pede dah bawain materi baru.
Setelah Take selasi setnya, lanjut ada Buddy Bully ngelanjutin perhelatan dengan drummer yang sama! (Wah untung bapak onal udh maem sblmnya jadi bisa digeber dah xp) Dan ancurnya lagi adalah Buddy Bully adalah yang melodic hardcore yang ente tau toh pattern drumnya begimana. Wokeh di awal set langsung digeber dengan cover No Use For A Name 'Dumb Reminders', yang dimana mengingatkan kita jaman SMA dl ni lagu ada di mesin mp3 selalu. Intinya si kalo yang doyan melodic hardcore wave Fat Wreck awal2 kyk Lagwagon, No Use For A Name, ampe Diesel Boy, insya Allah bakal doyan ni band.
Suryo Kamu Maem Apa Yak Treaknya Kuat Bener
Setelah Buddy Bully menyelesaikan setnya, kini saatnya line up yang bisa dibilang paling bising maen, Uncanny. Dengan sedikit curhatan kalo bassistnya sempet nyasar pas naek busway katanya sampai si kak Atip yang bercerita sedikit mengenai kerjaannya di salah satu tipi swasta dan katanya si Boy William teh sebenernya orangnya baek bin baguer #Duh. Di malam itu Uncanny tampil insya Allah noisy dengan materi yang ada di EP perdananya kmrn dirilis via Cut Your Ears Records. Dan jg tidak ketinggalan doski ngekover sebuah tembang instrumental dari aksi heavy music kontemporer asal Jepang, Boris.
Nampaknya untuk mempercepat waktu langsunglah setelah si Uncanny setelah set, dilanjut dari Billy The Klits asal Jakarta Timur yang dimana gosip yang beredar kmaren adalah doi ditinggal sama om Didit tetapi nampaknya hal itu gak terlalu berpengaruh buat bandnya sendiri soalnya pas kmrn kita ntn ni band masih aja kebut bin ngepang bgt maennya. Mungkin bisa dibilang kalo denger BTK sendiri jadi inget sama The Drunken Cholos dan sedikit kontaminasi melodi seperti Teen Idols ato Queers di dalamnya. Oh iya dan akhir setnya doski membawakan sebuah tembang hits semestanya 'Cabut' yang dimana sempet dicover sama SNK jg ni lagu kmaren :D
Yang Punya Acara Maen YAY!
Lanjut setelah Billy The Klits maen, Message From Jessica pun mempersiapkan set. Sebenernya kita pas MFJ maen kita lagi di luar sih rada mencari angin soalnya suasana di dalem studio cukup panas jadi kita rada kelewatan pas masuk studio nampaknya doski udah maenin lagu trakhir #Duh. Dan sebelum penampil terakhir maen, Fatrace mempersiapkan set. Wah kalo liat Fatrace ini nampaknya makin kemari makin yahud aja materinyah! Di sini doski membawakan materi2 yang ada di EP perdananya yang dirilis kmarenan, 'Dont Tell Your Mom, I'm Fat', materi baru yang masuk kompilasi Geekmonger Records, 'Bersepeda Berdua', dan juga single terbaru doski, 'You're The Most'.
Setelah Fatrace tampil dengan performancenya yang memukau di gig tuh malem, neks ada Saturday Night Karaoke minus sang vokalis, bapak Prabu, dikarenakan bus travelannya delay berkepanjangan sampe kaga bisa sampe di Jakarta tepat pada waktunya.
SNK Perjuangan
Akhirnya bapak Brian pun berinisiatip buat tampil sebagai Saturday Night Karaoke open mic alias di sini doski mengajak siapa aja yang mau masuk ngisi ya sok bae HAHA! Di sini doski memainkan beberapa materi baru yang tampaknya bakal masuk ke dalam split doski sama Grim Deeds dan juga beberapa materi yang gampang dimaenin kyk 'Indie Rock 101' dan lain sebagainya. Juga tak lupa di sini doski ngekover lagu yang insya Allah gampang dari Descendents yakni 'ALL' dan 'No ALL' (Itu mah bkn gampang lagi! Bocah SD baru maen bs maen gitar jg gw yakin bisa itu mah HAHAHA!). Selesai set SNK open mic pun acara diakhiri dikarenakan emang udah malem dan jam sewa udah lewat juga haha! Dan sekian juga reportase kita. Mudah2an bakalan ada lagi Invisible Youth seri ke depannya amin!

*Note : Terima kasih untuk bapak Ignas yang telah menyumbangkan karya jepretannya di gig reportnya di mari :D

No comments: