Halaman Terpenting!!!


Tuesday, November 8, 2016

Powerbomb To Your Scene November 2016


Halloween hari ini adalah hari dimana tiap orang punya hari libur dari rutinitas dan mengekspresikan diri sendiri lewat beragam kostum DIY yang aneh, geeky ataupun pop.
Nah Powerbomb To Your Scene kali ini pun ingin memanfaatkan spirit Halloween dengan menampilkan beragam ekspresi tersebut. Layaknya sebuah kostum, musik yang dikumpulkan adalah versi personal halloween kami. So, trick or treat??

1. Brand New - "Degausser"
Sebelum memulainya, saya ingin memberikan pandangan saya tentang Halloween. Bagi saya Halloween bisa bermakna harafiah, bisa juga sebuah kiasan yang menunjuk kepada perasaan dihantui. Melalui pemahaman tersebut, saya dengan yakin memasukan lagu milik Brand New ini sebagai lagu yang lumayan "Horror". Melalui lagu ini, Jesse Lacey membawa sisi depresifnya ke satu tingkat yang lebih maju dengan berbagai permainan kata yang begitu mengalir termasuk di antaranya sebuah kalimat yang terdengar seperti sebuah sabda, "I love you so much that it hurts my head.". It's haunting me everytime.

2. Cymbals Eat Guitars - "Cold Spring"
Halloween di sini memang hanya dijadikan alat bantu cerita saja, selebihnya mereka banyak menggunakan kiasan. Tapi saya menyukai ide mereka memasukan kata Halloween untuk mendukung gagasan mereka tentang hubungan manusia yang terkikis oleh waktu sedikit demi sedikit. Halloween yang melambangkan perasaan dihantui dan kerapuhan, bukankah dua hal itu sejatinya tidak terlalu jauh berbeda?

3. Regina Spektor - "Obsolete"
Saya pernah mengajukan sebuah pertanyaan, "Bagaimana jadinya jika eksistensi kita dihapus begitu saja? Termasuk memori orang lain tentang kita juga ikut lenyap?" Tak ada sesuatu yang lebih menakuktkan ketimbang memikirkan hal itu. Lagu Regina Spektor ini mewakili pertanyaan saya ketika Regina mulai menyanyikan kalimat bernada melankolia, seperti tanpa harapan. Bayangkan dirimu mulai menjadi usang dan mulai terlupakan oleh orang-orang.

4. Be Your Own Pet - "Zombie Graveyard Party"
Jika dulu Frankenstein jadi sosok yang paling ditakuti oleh anak pemburu permen ketika malam Halloween, sekarang Zombie adalah sosok yang memberi kengerian bagi orang-orang yang percaya bahwa Zombie Apocalypse mungkin terjadi. Bayangkan ketika ada segerombolan zombie berjalan ke arahmu, dengan pandangan menjengkelkan sambil menyanyikan anthem yang berbunyi "Life is lame, let me eat your brain" atau mungkin malah kita akan bergabung dengan gerombolan Zombie itu untuk menyanyikan ini? Banyak kemungkinan memang.

5. Rozwell Kid - "Halloween 3.5"
God, saya sebetulnya tidak benar-benar memahami lagu ini dan Halloween di lagu ini hanya berfungsi sebagai kosmetik saja tanpa menjelaskan sesuatu yang signifikan. Raungan power chord dan judul di lagu ini jadi satu-satunya alasan kenapa saya memasukan lagu ini.

6. Weezer - Freak Me Out
Meski lagu ini sebenarnya tentang laba-laba, namun Rivers Cuomo sukses menyihirnya jadi keangkeran malam melalui balutan drum minimalis, melodi yang menghantui dan lirik yang mengundang perasaan mistis jika seandainya diasosiasikan dengan fenomena "penampakan".

7. Muncie Girls - Pet Sematary (Ramones Cover)
Halloween tidak akan pernah halloween tanpa Pet Sematary, yang kali ini dibawakan dengan amat enteng dan kekinian oleh unit indie punk UK, Muncie Girls.

8. Groovie Ghoulies - (She's My) Vampire Girls
Sama seperti Misfits, The Ghoulies tahu benar menulis zombies atau vampire menjadi semacam metafora youth anxieties. Bedanya dengan Misfits, The Ghoulies lebih cartoonish. Vampire Girls sendiri menggambarkan sebuah anthem bagi kelompok yang dipandang terasing aneh, dork semacamnya. Lagu ini diambil dari album Fun in the Dark dimana departemen drumnya diisi oleh Dan Panic. Terlepas dari itu, saya memang bingung menyortir track The Ghoulies. Semuanya enak-enak.

9. Sicko - MY Tribute to the Misfits (Aka: Your Sister is a Werewolf Tonight)
Sicko tidak pernah gagal membuat judul yang geeky, seperti satu ini. Mereka juga pastinya tidak pernah gagal membuat musik pop-punk yang selalu relevan.

10. Screaming Females - Skeleton
Jarang-jarang vocal Marissa Paternoster macam kerasukan setan begini. Dibanding materi lain di Rose Mountain, track satu ini memang punya aura yang beda dan gaungnya sangat-sangat punk. Tapi tetap saja, sepertinya keterlaluan ya kalo track ini cuma jadi B-side.

11. Misfits - Astro Zombies 
Pionir horor punk sepanjang masa! Tapi gw dl gak punya duit pengen ntn mispit bangsat!

12. The Lillingtons - Zombies
Selain tradisi band ramonescore buat bikin lirik tentang cewek, boobs, makanan cepat saji, juga ramonescore punya tradisi banget bikin lagu horor+b rated science fiction

13. Kelelawar Malam - Bangkit Dari Kubur
Ini lagu sebenernya gimana yak... Bisa dibilang lagu Kelelawar Malam yang pertama gw dengerin dan bkin gw jatuh cinta am ni band aslay. Blm ada band lokal yang bisa song writing nya nge sense banget am pelem horor TPI siang bolong njir.

14. Alkaline Trio - Hell Yes
Ini udah gak bs dielakin lagi sih lagu Alkaline Trio yang paling kelam dan ada personal notes knp Matt Skiba embrace church of satan dl.

15. Like Bats - Empty Sky; Grey Tomorrow
Like Bats, walopun udah bubar, merupakan salah satu band Illionis yang sedikit mengingatkan saya akan semangat Alkaline Trio di awal karir era Asian Man Records, Orgcore yang dibalut dengan song writing yang cukup kelam.

No comments: