Tuesday, May 30, 2017

Album Review : Cayetana - New Kind of Normal

Musician : Cayetana
Album : New Kind of Normal
Date Release : 5th May 2017
Publisher : Plum Records












Perkenalan kita dengan Cayetana sebenernya sih dimulai ketika sebuah postingan dari Asian Man Records yang dimana Mr Park kala itu berniat pengen ngerilis vinyl single terbaru doski. Nah dari situlah kita sebagai insan manusia pastinya ngerasa penasaran dan akhirnya mulai menggali dan menggali... Kita ketemu am full length perdana doski yang berjudul 'Nervous Like Me' yang dirilis sama Tiny Engine Records yang dimana membuat kita langsung jatuh hati sama ni band.
Sebenernya hint dari album ini udah tersedia di splitannya doski ama Camp Cope kmarenan yang dirilis pas doski tur ostrali dengan sang 'Sister Band'. Dan emang si di album ini saya masih merasakan song writing dan lirik yang powerful untuk 'New Kind of Normal' sendiri. Selain itu yang menarik di sini adalah saya kira doski bakal ngeirilis album lagi di Tiny Engine, ternyata oh ternyata trio alih2 rilis di label yang gede ono malah ngerilis album di bawah bendera label yang baru didirikan oleh mereka sendiri, Plum Records! Dan full length Cayetana 'New Kind of Normal' berarti tercatat sebagai katalog pertama yang dihasilkan oleh Plum Records yay!
Di album ini secara garis besar nampaknya trio asal Philly ini belum 'ngerem' dalam hal songwriting dan masih menarik benang merah tema personal kyk isu mental illness ke dalam liriknya yang dioplos dengan sensibilitas indierock yang dihantarkan cukup baik secara komposisinya. Mungkin kalo yang memerhatikan secara baik teaser album dari doi sejak awal, coba bisa ditengok single pertama yang doski rilis yang judulnya 'Mesa'. DAMN! This song is totally beautiful! Dan secara lirik juga ini dalem banget cuy asli deh... Dan melalui dua album ini saya pun menyimpulkan kalo gak heran kenapa Cayetana menjadi digadang sebagai simbol feminisme dan women empowering buat skena di sokin sih, secara kalo lirik yang ditulispun oleh trio ini dipandang dari sudut pandang cewek dan juga klo didenger2 am kita emang sentimentil gt sih liriknya (Bisa didenger di lagu 'Bus Ticket' jg yang dimana ini plek2an lagunya emang tentang mental illness dan seseorang berusaha sembuh dari mental illness tersebut).
Overall ini album bagus sih secara konten dan gak tau yak klo dari segi layout atopun artwork, soale kita anaknya digitalan cuy hahay! Dan kalo mw beli digitalan ada di bandcamp doski jg am spotify info bapak Tomo rekah sang pengamat dari area Spotify. Album ini baik lah didengarkan sembari refleksi di bulan suci ini intinya #Nhaon.



Sites : 
Bandcamp - https://cayetana.bandcamp.com/
Facebok Page - https://www.facebook.com/cayetanaphilly
Website - http://www.cayetanaphilly.com/

No comments: