Monday, November 20, 2017

Album Review : Onsind - We Wilt, We Bloom

Musician : Onsind
Album : We Wilt, We Bloom
Date Release : 17th November 2017
Publisher : Specialist Subject / Salinas Records











Mengingat band ini adalah titik pertama-tama saya dl mengenal scene folk punk Bloomington dan juga Plan-It-X. Band ini bersandar di samping nama2 gede di skena folk punk/pop punk jaman itu kyk Eric Ayotte, Spoonboy, Ghost Mice, This Bike Is A Pipebomb, dan lain sebagainya. Praktis Onsind merupakan sebuah cikal bakal dari kuartet indiepop yang jadi perhatian banyak orang yakni Martha.
Layaknya sebuah proyek yang disibukan oleh proyek lainnya yang sedang berjalan aktif2nya, Onsind sendiri sebenernya sih banyak yang ngira kalo proyek ini sudah memadamkan apinya semenjak full length terahiran yang dirilis sama Plan-It-X Records 'Anaesthesiology' sehubungan dengan label juga yang memutuskan untuk tidak aktif dalam waktu yang gak cukup jauh juga.
Akan tetapi secara tiba-tiba, mungkin saya berspekulasi bahwa Martha akan meracik album selanjutnya dan bersiap-siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih jauh TETAPI boom tiba2 kolektif folk yang diinisiasi oleh Daniel Ellis dan Nathan Griffin ini merilis sebuah single yang juga dibuat video klipnya, 'Immature'. Bukan saya saja namun teman saya juga berspekulasi full length ini akan menjadi sebuah 'Martha perjuangan' karena denger materi ni full length emang sih terdengar Martha banget. Untung saja saya secara personal mendengarkan album ketiga ini lebih dari track ketiga dan seterusnya...
Let say first and second track, your mind will be disignated for saying 'Hell this Martha!' if you heard Martha before but wait! you gotta check out tunes from tracks 'The Grieving Kind' and so the next one, ternyata track2 tersebut masih kerasa banget Onsind nya! Lebih menarik lagi ada sebuah track yang berjudul 'Claimant' yang dimana di sini secara mengejutkan lagu ini dibumbui sedikit aroma melodic hardcore nya dengan sedikit menyisipkan ketikan drum cepat ala No Use For A Name, Good Riddance gt (Pasti udah kebayang lah kalo ben2 Fat Wreck drumnya kek gimana).
Menggambarkan song writing Onsind sebenernya gak jauh sendiri apabila anda sebelumnya ngulik2 musisi+band kyk Ted Leo sampe Billy Brag, masih banyak menuliskan tentang personal issue (mental illness) sampe anthem pembangkangan Tory. Yang saya suka adalah band ini tetap menampilkan kualitas song writingnya dari full length sebelumnya. Album ini dirilis dalam format vinyl dan juga cd oleh Specialist Subject dan Salinas Records untuk distribusi amriknya ntar JUGA hadir dalam berbagai layanan digital kek Spotify ampe Bandcamp. This stuff is good nuff said!


Sites : 
Bandcamp - https://onsind.bandcamp.com/
Facebook Page - https://www.facebook.com/onsind

No comments: